Berbagai Jenis Zodiak dari berbagai Belahan Dunia

0
41
Gawat, Pemilik Zodiak Ini Dikatakan Tukang Selingkuh dan Suka Koleksi Pacar!

Astrologi adalah tradisi kuno dari ilmu pengetahuan. Semenjak berabad – abad lamanya manusia mengamati bintang – bintang sebagai sumber inspirasi dan petunjuk, baik itu arah geografis, ramalan cuaca, iklim, bahkan kepribadian.

Inilah yang menjadi asal usul dari penanda zodiak. Dipercaya bahwa jauh sebelum bangsa Yunani menerapkan zodiak, bangsa Mesir kuno pada abad ke-4 sebelum masehi telah menciptakan sistem zodiak. Zodiak Yunani merupakan area pada langit yang terbentang sekitar 18 derajat lintang utara atau selatan yang berpusat pada lingkar ekliptika, yang merupakan jalur evolusi matahari dalam satu tahun.

Zodiak dari bangsa Yunani merupakan yang paling populer, namun, ada jenis zodiak dari budaya lain di belahan bumi yang tidak kalah menarik untuk dipelajari.

Zodiak Tiongkok

jenis zodiakSalah satu yang tidak kalah populer dari zodiak Yunani adalah Zodiak Tiongkok. Zodiak Tiongkok memiliki sebutan ‘shio’ yang diambil dari dialek Hokkien, sheshio. Serupa dengan zodiak Yunani namun lebih rumit, shio menggunakan hewan untuk merepresentasikan tahun, bulan, dan waktu dalam astrologi Tiongkok.

Menentukan shio didasarkan pada tahun kelahiran, dan hewan yang merepresentasikan tahun kelahiran seseorang antara lain kuda, ular, tikus, naga, dan harimau.

Lebih kompleks lagi, shio juga menggabungkan lima elemen yang ada di bumi (tanah, kayu, air, besi, dan api) yang memiliki siklus setiap 5 tahun sekali. Jika kamu memiliki shio naga, kamu bisa saja memiliki shio naga api tergantung tahun kelahiranmu.

 

 

Zodiak Hindu

jenis zodiakZodiak hindu juga disebut dengan astrologi Vedic yang berkaitan dengan sejarah astronomi India sebagai pusat lahirnya agama Hindu di dunia. Zodiak Hindu memiliki tiga cabang, yang pertama adalah Siddhanta (berkaitan dengan astronomi), Samitha (prediksi keberuntungan berdasarkan waktu), dan Hora (prediksi yang jauh lebih mendalam). Representasi zodiaknya sama dengan zodiak Yunani, tetapi memiliki pemaknaan yang berbeda.

Zodiak Pohon Celtic

jenis zodiakBerasal dari budaya Celtic yang sangat menjunjung tinggi alam pada masa lampau, jenis Zodiak Celtic menggunakan pohon sebagai representasi tanda yang diperoleh berdasarkan tahun kelahiranmu.

Masyarakat Celtic percaya bahwa pohon memiliki pengetahuan yang suci dan mendalam, yang tidak diketahui oleh manusia. Hari dimana kamu lahir diasosiasikan dengan pengetahuan yang dimiliki pohon tertentu yang pada akhirnya menjadi bagian dari kepribadianmu. Klasifikasi zodiak pohon celtic belum diketahui secara mendalam, namun referensi yang dimiliki sangat banyak hanya saja belum diterjemahkan ke dalam bahasa manusia modern.

 

(Visited 281 times, 1 visits today)