Menegangkan, Inilah 5 Kisah Pelarian Buronan Paling Dramatis Sejagat!

0
54

Kabur dari penjara bukan semata rekaan seperti film seri “Prison Break”. Kisah nyata cara kabur yang gila-gilaan justru jadi ilham film tersebut dan sejenisnya.

 

Beberapa penjara seperti Diyarbakr Prison di Turki, La Sabaneta Prison di Venezuela, dan Rikers Island Prison, New York disebut sebagai beberapa penjara terkejam di dunia. Di mana segala kebrutalan dan kesadisan begitu lumrah terjadi.

Kendati demikian masih saja ada yang berhasil melarikan diri dari penjara-penjara yang terkenal sadis dan dijaga super ketat. Berikut nama-nama tahanan dunia yang menjadi terkenal akibat aksi fenomenalnya itu.

1. Frank Abagnale, Jr.

Frank Abagnale, Jr yang dikenal sebagai penipu ulung ini ahli dalam memalsukan cek, menyamar dan melarikan diri. Dia memulai aksinya saat masih berumur 16 tahun, dan sudah memiliki kekayaan sebesar $ 2.5 juta atau sekitar 35 milyar rupiah dari hasil memalsukan cek di 26 negara.

Dalam melakukan aksinya Frank memiliki banyak identitas, seperti pilot, dokter, agen biro penjara, dan pengacara. Sejarah kehidupannya yang begitu mengesankan tersebut akhirnya diangkat dalam sebuah film yang berjudul “Catch Me If You Can” yang diperankan oleh Leonardo Di Caprio.

2. Frank Morris, Clarence Anglin & John Anglin

11 Juni 1962, trio bandit Frank Morris, Clarence Anglin, dan John Anglin sukses membobol pertahanan dan sistem keamanan penjara yang selama ini dikenal super ketat itu. Ketiganya divonis 15 hingga 20 tahun karena kasus perampokan bank dan kepemilikan narkotika.

Sadar untuk kabur dari Alcatraz tak mudah, mereka pun menyusun rencana tersebut dari jauh-jauh hari. hasilnya , seantero Alcatraz geger setelah penjaga menemukan gundukan tisu toilet dan kepala boneka di balik selimut ketiga napi tersebut. Hingga kini, ketiga buronan Alcatraz itu tak diketahui kabarnya. Entah tewas atau hidup bebas di tempat yang tak terendus FBI.

Satroni, Film-Film Action Cewek Terbaik dan Terburuk Sepanjang Masa Ini!

3. Joaquin ‘El Chapo’ Guzman

Ketika diketahui kabur dari penjara, Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto sontak melakukan pencarian besar-besaran. Belakangan diketahui, bos narkoba terbesar se-Meksiko itu melarikan diri dari sebuah lubang di selnya.Ini bukan kali pertamanya Guzman kabur dari bui. Pada 1993, Guzman ditahan di Guatemala dan diekstradisi ke Meksiko.

Tapi pada 2001, ia lari dari penjara dengan bersembunyi di dalam keranjang cucian. Sejak itu bos narkoba itu mengecoh polisi selama lebih dari 10 tahun. Pada pelariannya di 2001 diduga ia menghabiskan dana senilai US$ 2,5 juta atau setara 32 triliun rupiah untuk menyuap siapa saja.

4. David Sweat & Richard Matt

Dua pembunuh berhasil melarikan diri dari penjara Clinton di sudut barat laut New York, kurang 30 mil dari Kanada. Ini merupakan penjara negara terbesar yang diisi 2.689 narapidana Amerika Serikat. Richard Matt dan David Sweat melakukan pelarian dengan cara yang mirip seperti pada film “Shawshank Redemption” (1994).

Mereka berdua lolos dari penjara berkeamanan super ketat dengan meninggalkan pesan ‘manis,’ yaitu ucapan “have a nice day” disertai dengan gambar orang tersenyum.

Deretan Fakta Menarik Ratu Snapchat Seksi YesJulz Yang Patut Disimak!

5. Pascal Payet

Pelarian kriminal asal Prancis ini terbilang eksklusif. Pasalnya ia terhitung berkali-kali kabur dari penjara menggunakan helikopter. Hal tersebut karena banyak penjara di Eropa yang punya pusat pelatihan heli di atapnya. Payet yang divonis 30 tahun di penjara Luynes atas kasus perampokan dan pembunuhan mobil pengangkut uang.

Disinyalir ia punya ‘kaki tangan’ yang bertugas membajak helikopter dan menjemput Payet dari atap penjara, tempat pusat pelatihan heli tersebut. Pelarian pertamanya terjadi pada 2001. Dua tahun berselang, ia tertangkap lagi, ketika ia berusaha ‘menjemput’ tiga rekan napi untuk kabur.

 

Wah, benar-benar kisah pelarian buronan yang paling dramatis ya POPle?

 

 

 

 

 

 

(Visited 1,606 times, 1 visits today)