Merayakan Ulang Tahun di Tempat Kerja, Ada Etikanya Lho!

0
2
ulang tahun

Memberikan kejutan ulang tahun rekan kerja di kantor? Jangan grasak-grusuk ya. Merayakan Ulang Tahun di Tempat Kerja, Ada Etikanya Lho!

Merayakan ulang tahun rekan kerja adalah salah satu cara yang bagus untuk membuat orang merasa dihargai dan benar-benar diterima keberadaannya di tempat kerja. Selain itu, Merayakan ulang tahun rekan kerja bisa menjadi cara yang baik untuk mengembangkan hubungan positif dengan rekan kerja maupun atasan serta untuk mengusir kebosanan akan kehidupan kantor yang terlalu formal.

Walaupun banyak perusahaan sekarang mendorong karyawan untuk mengembangkan kehidupan sosial yang positif salah satunya dengan perayaan ulang tahun, namun yang perlu diingat penting untuk merayakannya dengan cara yang tepat tanpa merusak ritme dan suasana kerja. Setidaknya, beberapa hal dibawah ini harus tetap dilakukan agar tidak menggangu ketenangan kantor saat jam kerja.

1. Minta Ijin

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai perayaan ulang tahun di kantor. Ada yang mendukung, sampai-sampai staff HRD nya mempunyai anggaran khusus untuk merayakan ualng tahun karyawannya. Tapi ada juga kantor yang melarang keras untuk acara senang-senang selama jam kantor. Jadi sebelum acara dimulai, penting sekali untu meminta izin setidaknya dengan atasan. Jangan sampai ketika Anda lupa meminta izin, pesta yang sudah direncanakan malah bubar.

Kenapa Ada Ritual Tiup Lilin Pas Ulang Tahun?

2. Lupakan Drama

Di tengah-tengah pesta, coba singkirkan dulu rasa antipati atau drama yang tengah berlagsung pada rekan kerja, drama sesaat, ataupun atasan yang kita hindari. Saatnya rileks dan bersenang-senang sejenak dengan ini.

3. Pilih waktu yang tepat

Carilah waktu yang lebih santai, misalnya setelah makan siang, menjelang jam pulang kantor. Atau paling tidak saat suasana tidak terlalu tegang dan tidak terlalu sibuk. Pemilihan waktu ini cukup krusial mengingat salah satu fungsi perayaan ini adalah untuk menghilangkan capek setelah seharian bekerja.

4. Pilih Tema yang Sederhana

Sebaiknya adakan acara sederhana jika akan merayakannya di kantor. Karyawan dari divisi lain bisa komplain mendengar suara yang cenderung membawa keributan. Selain itu, tema yang simpel memungkinkan untuk tidak merepotkan kita setelah acara usai atau merepotkan office boy untuk membersihkannya.

Tradisi Unik Pasangan Lansia Makan Kue Pernikahan Umur 61 Tahun!

5. Jaga Etika dan Profesionlitas

Jangan jadikan perayaan unlang tahun sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Bagaimanapun juga, kita tetap datang ke kantor secara tepat waktu, pulang sesuai jadwal dan mendahulukan tugas-tugas kita sebelum mengadakan pesta ulang tahun tersebut.

Nah, jadi tetap ada etikanya ya POPle… Titip salam ya buat yang ulang tahun.

(Visited 95 times, 1 visits today)