Kenapa Ada Ritual Tiup Lilin Pas Ulang Tahun?

0
20

Ternyata ada alasan di balik ritual tiup lilin pas ultah!

 

Selain potong kue, tiup lilin bisa dibilang ritual wajib pas merayakan ulang tahun.  Ya, tradisi tersebut diterapkan semua penduduk dunia, termasuk Indonesia. Pernahkah bertanya-tanya kenapa ada ritual tiup lilin pas ultah tersebut?

Berikut beberapa alasan yang berhasil kami rangkum dari laman Boldsky.

 

Ritual tiup lilin pas ulang tahun rupanya punya alasan.
Ritual tiup lilin pas ultah punya alasan tersendiri

 

 

Tradisi kuno

Tiup lilin pas ulang tahun adalah tradisi yang dipercaya sudah berlangsung lama. Beberapa pihak meyakini kalau budaya tersebut telah ada sejak zaman Yunani kuno. Hingga kini banyak orang yang melakukannya sebagai ritual wajib.

Bisa Baca Kepribadian Pasangan Dari Bulan Kelahiran-nya!

 

Bayar upeti 

Dalam sejarahnya, menyalakan lilin saat perayaan ulang tahun adalah salah satu cara orang kuno dalam memberikan persembahan pada dewi bulan Yunani, Artemis. Mereka melakukan hal itu sebagai bentuk rasa syukur.

 

Menggambarkan cahaya bulan

Kabarnya, dahulu kala, kue yang dipakai untuk perayaan haruslah berbentuk bulat, sebab untuk melambangkan bulan. Sementara lilin di bagian atasnya adalah simbol yang menggambarkan cahaya bulan.

 

Alasan keagamaan

Orang-orang Yunani kuno mengklaim, tiup lilin saat merayakan ulang tahun adalah untuk alasan keagamaan. Mereka menganalogikan lilin sebagai ‘cahaya kehidupan’.

 

Kepercayaan

Di masa lalu, orang yang berulang tahun terlebih dulu harus berdoa, baru meniup lilin. Mereka percaya asap lilin yang melambung ke udara bisa mengantarkan doa-doa pada dewa-dewa yang tinggal di langit. Tak hanya saat ulang tahun, orang-orang Yunani kuno juga kerap meniup lilin saat ada sesuatu yang diinginkan.

 

Rayakan ulang tahun anaknya, wanita ini sediakan penari telanjang. Buka ini!

 

Tangkal roh jahat

Saat sejumlah orang Yunani kuno percaya tiup lilin bisa mengabulkan doa, ada beberapa orang yang juga yakin kalau ritual tersebut punya manfaat lain. Salah satunya adalah menangkal roh jahat.

 

Kue tanpa lilin kurang lengkap

Alasan yang terakhir adalah karena kurang lengkap. Entah sejak kapan argumen ini sudah ada, yang pasti, kue tanpa lilin ibarat sayur tanpa garam.

 

Tak perlu bingung cari kue ulang tahun yang lezat. Klik ini!

(Visited 1,803 times, 1 visits today)