Awas, Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan NAFLD!

0
12

Apakah Anda pekerja kantoran yang kerap habiskan banyak waktu untuk terlalu lama duduk  di depan layar komputer?

 

Jika ya, Anda patut berhati-hati! Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa memicu terjadinya NAFLD (non-alcoholic fatty liver disease) alias penyakit hati berlemak non-alkohol.

 

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah peneliti lakukan riset terhadap 130.000 pria dan wanita di Korea sana. Partisipan diminta untuk mengisi kuesioner serta melangsungkan uji fisik di rumah sakit.

Dikatakan Dr. Seungho Ryu dari Kangbuk Samsung Hospital, orang yang punya kebiasaan duduk selama 10 jam lebih setiap hari berisiko 9 persen lebih besar terserang  NAFLD ketimbang mereka yang duduk kurang dari 5 jam, demikian dilansir Live Science.

Seungho juga menjelaskan bahwa NAFLD bisa menyebabkan akumulasi jaringan parut dan memicu gagal hati dalam kasus yang parah. “Perlu Anda tahu, kondisi tersebut kerap dikaitkan dengan obesitas serta resistensi insulin” ujarnya.

 

Benarkah Terlalu Banyak Duduk Bikin Pantat Tepos?

 

Sementara diungkapkan Michael Trenell, profesor di Newcastle University, tubuh manusia pada dasarnya dirancang untuk bergerak. Kata dia,”Jangan heran bila orang yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama rentan terserang penyakit berbahaya”.

(Visited 459 times, 1 visits today)