Jangan Pernah Konsumsi Hiu Bila Tak Ingin Terkena Penyakit Ini!

0
8

Konsumsi hiu dipercaya punya dampak buruk bagi kesehatan manusia

Apakah Anda termasuk salah seorang yang sering konsumsi hiu? Jika ya, ada baiknya hentikan kebiasaan tersebut mulai saat ini! Pasalnya, melahap ikan jenis tersebut diklaim punya dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut riset yang baru-baru ini dilakukan, hiu mengandung sejumlah racun yang terkait dengan penyakit neurodegeneratif. Kata ilmuwan, orang yang mengonsumsi sirip atau otot hiu berisiko besar terkena penyakit berbahaya, yakni Alzheimer.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manusia yang memakan tubuh ikan hiu berpotensi besar mengembangkan penyakit saraf. Demikian kata Deborah Mash, profesor neurologi di Universitas Miami, Amerika Serikat.

Makan hiu diklaim dapat mengembangkan penyakit saraf.
Makan hiu diklaim dapat mengembangkan penyakit saraf.

Untuk membuktikan temuan tersebut, para ilmuwan melakukan riset terhadap jaringan dari sirip dan otot ikan hiu. Mereka mengumpulkan 10 spesies hiu yang ditemukan di sejumlah tempat, seperti di Atlantik dan Samudra Pasifik.

Setelah diuji, hasilnya pun ditemukan. Peneliti memaparkan bahwa mereka menemukan konsentrasi dua racun dalam tubuh hiu yang meliputi merkuri dan beta-N-methylamino-L-alanine (BMAA).

“Perlu Anda tahu, BMAA merupakan pemicu utama terjadinya penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan amyotrophic lateral sclerosis (ALS),”ujar Debora sebagaimana dilansir Times of India.

Dalam riset yang diterbitkan dalam jurnal Toxins, ilmuwan juga melaporkan bahwa konsentrasi merkuri dan BMAA yang terdapat dalam hiu bisa menimbulkan ancaman yang serius bagi kesehatan manusia. Singkatnya, kedua racun tersebut akan bersinergi apabila dikonsumsi secara bersamaan.

Ditambahkan Neil Hammerschlag, mengingat hiu adalah predator yang berada dalam rantai makanan paling tinggi, jaringan mereka cenderung mengandung racun yang berbahaya. “Hal tersebut bukan hanya jadi ancaman bagi kesehatan hiu itu sendiri, tapi juga bisa mengancam kesehatan manusia yang mengonsumsinya,” jelas peneliti utama dari University of Miami Rosenstiel School of Marine and Atmospheric Science ini.

Baca juga: Unik, Supercar Ganas Ini Terinspirasi dari Hiu!

Di sisi lain, Hammerschlag juga memaparkan bahwa masyarakat sejatinya harus berpikir ulang jika ingin konsumsi hiu. Kata dia,”Mengingat permintaan produk hiu saat ini masih tinggi, ada baiknya pertimbangkan kembali jika ingin memakannya. Hal ini bukan hanya untuk kesehatan, namun juga untuk mencegah hiu dari kepunahan.”

Masih tertarik konsumsi hiu?

(Visited 334 times, 1 visits today)