Wah, Obat Kumur Ternyata Ampuh Lenyapkan Kutu Rambut!

0
3

Lenyapkan kutu rambut ternyata bisa menggunakan obat kumur

Apakah Anda tengah mengalami masalah dengan kutu atau ketombe di rambut? Jika ya, jangan sedih! Pasalnya, ada langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk memecahkan masalah tersebut. Caranya? Manfaatkan saja obat kumur yang biasa Anda pakai sehari-hari! Memang bisa?

Seorang beauty vlogger asal Kanada, Farah Dhukai, mempopulerkan trik tersebut. Di laman Instagram-nya, Farah membagikan cara bagaimana dirinya lenyapkan kutu dan ketombe yang bersarang di rambut.

Ada tiga langkah yang dijelaskan Farah dalam akunnya. Sebelumnya, Anda terlebih dulu harus menyiapkan sejumlah barang, seperti obat kumur, air, dan botol semprot. Setelah semuanya siap, langkah pertama yang harus diterapkan adalah mengisi botol semprot dengan setengah cairan obat kumur dan setengah air, lalu kocok secara perlahan.

Lenyapkan kutuLangkah kedua, cucilah rambut Anda menggunakan sampo, kemudian dalam kondisi basah, semprotkanlah ramuan yang telah Anda buat tadi ke kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit. Terakhir, bilaslah rambut dengan air bersih.

Lenyapkan kutuDalam keterangan unggahannya, Farah mengatakan,”Kulit kepala akan terasa geli dan sejuk pada kondisi itu. Dan secara perlahan, kutu dan ketombe pun bakal lenyap.”

Lenyapkan kutuOh ya, jika Anda ingin menerapkan langkah tersebut untuk lenyapkan kutu, ada satu hal yang perlu Anda ingat. Jangan pernah mengaplikasikannya jika kulit kepala sedang luka. Kenapa? Sebab hal tersebut akan menyebabkan sensasi terbakar yang cukup menyakitkan.

Farah memaparkan, obat kumur mengandung mentol, thymol, eucalyptol, dan metil salisilat, yang bertugas sebagai agen anti-jamur dan anti-septik. Ketika diterapkan pada rambut, sederet kandungan tadi dapat membantu dalam lenyapkan kutu dan ketombe.

Baca juga: Terungkap, Obat Kumur Ternyata Ampuh Perangi Jerawat!

Terkait trik yang dibagikan oleh Farah tersebut, ahli kesehatan rambut Carole Michaelides angkat bicara. Kata dia, obat kumur memang bisa membantu manusia dalam memusnahkan kutu dan ketombe.

“Sebenarnya, obat kumur memang tak secara khusus membasmi Malassezia yang merupakan jamur pemicu munculnya ketombe. Meski demikian, obat tersebut tetap memiliki efek anti jamur dan sanggup mengurangi iritasi,” jelas Michaelides seperti dilansir cosmopolitan.com.

Usut punya usut, lenyapkan kutu dengan obat kumur rupanya bukanlah hal baru. Menurut kabar, cara tersebut sebenarnya telah diterapkan pada tahun 1950-an silam.

(Visited 2,147 times, 1 visits today)