Suka Bingung Bagaimana Cara Terbaik Bersihkan Area Belakang Usai BAB ?

0
17

Usai buang air besar (BAB), bagaimana cara Anda membersihkan bokong? Apakah hanya sekedar siram-siram air sembari menyeka bokong pakai tangan lalu mengelapnya dengan tisu? Atau menggunakan alat siram yang memang tersedia di kloset kemudian mengeringkannya dengan tisu?

Ya, apapun jawaban Anda, survei berhasil membuktikan jika ternyata ada banyak pria di dunia ini yang kerap sembarangan bersihkan bokong usai BAB. Sembarangan di sini maksudnya tak sesuai dengan standar kesehatan.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara membersihkan bokong yang baik dan benar ?

Diungkapkan Dr. Joel Krachman, MD, Kepala Gastroenterology di AtlantiCare Regional Medical Center, sebenarnya tak ada aturan mutlak tentang cara membersihkan bokong. “Biasanya orang hanya menyeka bokong menggunakan tisu toilet ke atas ke bawah, lalu membuang tisu yang telah dipakai ke tempat sampah,” ujarnya.

Menurut Krachman, tak ada yang salah dengan cara itu. Namun, akan jadi masalah bila dilakukan dengan cepat dan keras. Kata dia,”Membersihkan bokong terlalu cepat dan keras menggunakan tisu berpotensi besar menyebabkan iritasi, wasir, bahkan abses anal. Solusi terbaik, bersihkanlah bokong menggunakan sabun dengan lembut dan tak tergesa-gesa,”.

Sementara itu, Krachman juga mengingatkan agar Anda tak sembarangan menggunakan tisu yang tersedia di toilet. “Banyak sekali ditemukan tisu toilet bermerek populer yang mengandung pengawet methylisothiazolinone. Perlu Anda tahu, kandungan tersebut bisa memicu terjadinya alergi kulit,” terangnya seperti dilansir Men’s Health.

Baca juga: 5 Jurus Lenyapkan Jerawat dan Bisul di Bokong!

Lalu, ada satu pertanyaan lain yang juga kerap muncul ke permukaan, yaitu: lebih efektif mana bersihkan bokong dengan tisu kering atau basah?

Menanggapi pertanyaan tersebut, co-creators of Dude Wipes, Ryan Meegan, angkat bicara. Ia menjelaskan jawabannya dengan membuat analogi, “Jika Anda memegang cokelat di tangan, apakah Anda hanya butuh tisu kering untuk membersihkannya?”. Tahu kan maksudnya apa, guys?

(Visited 565 times, 1 visits today)