Ini yang Bakal Terjadi Bila Anda Terlalu Banyak Minum Air Putih!

0
15
Slim young woman drinking water after training

Terlalu banyak minum air putih ternyata dapat berakibat buruk

Anda tentu sering mendengar pepatah yang mengatakan “Segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik”. Ya, hal itu ternyata berlaku pula untuk minum air putih.

Ini yang Bakal Terjadi Bila Anda Terlalu Banyak Minum Air Putih!
Minum air putih terlalu banyak berbahaya bagi kesehatan.

Meskipun minum dapat mencegah masalah dehidrasi, namun terlalu banyak minum ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut riset, tubuh manusia tak akan mampu menangani air yang jumlahnya berlebihan. Dalam kasus ekstrim, terlalu banyak minum air putih telah menyebabkan kematian.

Berikut sederet masalah kesehatan yang bisa timbul akibat terlalu banyak minum air putih.

Kerusakan ginjal

Saat Anda terlalu banyak minum air putih, frekuensi buang air kecil secara otomatis bakal meningkat. Secara ilmiah, kencing terlalu sering akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk menstabilkan sistem tubuh Anda. Jika Anda minum banyak tanpa istirahat yang tepat, darah dalam tubuh akan menjadi encer dan ginjal pun tak bisa menyaring racun untuk menjaga keseimbangan natrium. Bila dibiarkan terus-menerus terjadi, masalah yang bisa muncul adalah kelelahan serta mual.

Masalah jantung

Masalah kesehatan yang bisa timbul akibat terlalu banyak minum air putih selanjutnya adalah masalah jantung. Diungkapkan ilmuwan, minum banyak air dapat menyebabkan peningkatan volume darah dalam tubuh. Peningkatan volume tersebut secara teratur bisa memberikan tekanan berbahaya pada jantung dan pembulu darah. Mengerikannya, kondisi tersebut bisa memicu kebocoran jantung dan penyumbatan pembulu darah.

Hilangnya kesadaran

Terlalu banyak minum air putih juga dapat mengakibatkan hilangnya kesadaran. Sebagaimana dilansir India Times, minum terlalu banyak  air bisa mencairkan cairan tubuh yang pada akhirnya menurunkan tingkat natrium tubuh. Kondisi tersebut bahkan bisa menyebabkan sel-sel otak bengkak, hilangnya kesadaran, kejang, atau dalam kasus terburuk bisa berakibat koma. Jika Anda perhatikan, para pelari jarak jauh tak pernah langsung minum banyak ketika sedang lari.

Baca juga: Karena ‘Mimik’ Air Putih Sebelum Kamu Bobo Itu Manfaatnya Juara Banget!

Lantas, berapa banyak konsumsi air putih dalam sehari yang dianjurkan?

Dikatakan ahli, dalam aktivitas normal atau tanpa olahraga, ada baiknya jika Anda minum 2 liter air dalam sehari. Jumlah tersebut diklaim sudah cukup untuk menghindari kekurangan cairan tubuh. Namun untuk usia lanjut, sebaiknya minum lebih sedikit, yakni minimal 1 liter dan maksimal 1,5 liter. Kenapa demikian? Sebab fungsi ginjal orang di atas usia 65 tahun sudah menurun.

Oh ya, jika Anda butuh minuman kesehatan, Anda bisa cek di sini.

(Visited 4,843 times, 1 visits today)