5 Langkah Ampuh Meminta Kenaikan Gaji Tanpa Cari Muka!

0
8
kenaikan gaji

Merasa udah waktunya untuk meminta kenaikan gaji pada perusahaan Anda? Jangan Cari Muka. 5 Langkah Ampuh Meminta Kenaikan Gaji Tanpa Cari Muka!

Setelah berkontribusi sekian waktu di perusahaan, siapa sih yang nggak mengharapkan kenaikan gaji? Terutama jika harga kebutuhan sehari-hari semakin tinggi atau tanggung jawab yang diemban semakin besar, kenaikan gaji adalah kompensasi yang layak kamu perjuangkan.

Tapi, gimana cara ampuh meminta kenaikan gaji agar lebih gampang dikabulkan oleh atasan? Ini dia beberapa kiat yang bisa kamu lakukan!

1. Survey Standar Gaji

Sebelum memutuskan untuk meminta kenaikan gaji, kamu perlu mengetahui berapa kisaran gaji yang wajar untuk posisi atau jabatanmu. Hal ini ditentukan oleh banyak faktor, seperti biaya hidup minimum, UMR yang ditentukan, jenis pekerjaan, serta masa bekerja. Lakukan riset standar gaji dari situs lowongan kerja, lembaga riset, maupun media. Dari situ, kamu bisa memperoleh gambaran berapa angka kenaikan gaji yang bisa kamu harapkan.

Punya Rekan Kerja Bermuka Dua? Begini Cara Menghadapinya!

2. Pahami Kebijakan Perusahaan

Pahami baik-baik peraturan perusahaan yang berkaitan dengan kenaikan gaji. Tiap perusahaan punya kebijakan yang berbeda-beda, ada yang melihat dari masa pengabdian, ada yang dari kinerja, ada pula yang mempertimbangkan keduanya. Peraturan ini bisa kamu jadikan acuan kapan saat yang tepat untuk mengajukan kenaikan gaji. Selain itu, kamu juga perlu mengamati kondisi keuangan perusahaan. Kalau kondisinya tengah prima dan punya prospek yang baik, kamu bisa mencoba melakukan manuver.

3. Bikin Penilaian Objektif Pada Diri Sendiri

Bagaimana penilaian terhadap peran dan kinerjamu terhadap perusahaan? Apakah posisimu bisa dengan mudah digantikan orang lain? Apakah kontribusi dan kinerjamu selama ini cukup membanggakan? Tentunya, pertanyaan-pertanyaan ini perlu dijawab secara jujur dan objektif lewat bukti kuat seperti catatan prestasi, bukan cuma mengandalkan perasaan aja.

4. Negoisasi Dengan Etika

Permintaan kenaikan gaji bukanlah diskusi yang bisa dilakukan sambil lalu. Sebaiknya, mintalah waktu khusus kepada atasan untuk melakukan negosiasi. Buatlah janji terlebih dulu sembari mengungkapkan maksudmu. Dengan begitu, kamu bisa menegosiasikan kenaikan gajimu dengan atasan secara leluasa. Biar atasan bisa lebih lunak, jangan mengabaikan etika saat bernegosiasi. Antara lain menampilkan diri dengan rendah hati, memilih kata-kata yang sopan serta tidak bertele-tele, serta tidak lebih dulu menyebutkan nominal gaji.

Konon Katanya Punya Sahabat Kerja Mampu Membuat Panjang Umur!

5. Siap Dengan Penolakan

Sebelum mengajukan permintaan kenaikan gaji, jangan lupa mempersiapkan mental jika ternyata permintaanmu ditolak. Kalau memungkinkan, nggak ada salahnya mencoba mengajukan alternatif lain agar kamu tetap bisa naik gaji, misalnya dengan meminta mutasi atau promosi jabatan. Terlepas dari apapun jawaban yang diberikan, jangan lupa mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan atasan buatmu.

Kalo semua itu udah kalian lakukan namun masih aja ditolak, anggap aja belum rezeki kalian dan cobalah di lain waktu sambil meningkatkan terus kinerja kalian. 

 

Main Photo: lawteched.com

Inside Photo: exploreedge.com

(Visited 564 times, 1 visits today)