Apa Iya, Pasangan yang Alami Pertengkaran Ini Akan Tetap Mesra?

0
1
Alami Pertengkaran

Baik yang belum nikah maupun yang sudah pastinya pernah alami pertengkaran. Apa Iya, Pasangan yang Alami Pertengkaran Ini Akan Tetap Mesra?

Menurut Jane Greer, Ph.D., terapis pernikahan dari New York, beberapa perselisihan karena beda pendapat memang penting dalam sebuah hubungan.

Kok penting?

“Karena jika segala sesuatu tak diperjelas tentang ketidak-cocokan satu sama lain, rasa amarah dan penolakan itu akan terpendam dan bisa muncul dalam bentuk kebiasaan-kebiasaan tak baik yang justru memperlemah hubungan asmara.”

Lalu pertengkaran seperti apa saja yang lumrah terjadi pada pasangan asmara?

#1   CARA EKSPRESIKAN KEMARAHAN

Jika salah satu dari Anda adalah tipikal yang mudah melepaskan amarah dengan begitu saja agar jelas perkaranya dan si dia ternyata tipikal yang menghindari suara tinggi agar tak terjadi pertengkaran, wah, itu berarti akan timbul tensi emosi tinggi antara Anda berdua.

Guys, Ini 5 Tips ‘Nakal’ Merangsang Gunung Kembar Si Dia!

Kalau situasinya seperti itu, lebih baik baru bicara setelah berdua tenang. Dengan bicara tenang, Anda berdua coba mengerti satu sama lain dan bisa mencari cara mengekspresikan emosi yang enak ke si dia.

#2   BERBAGI TUGAS DI RUMAH

Perbedaan tentang pembagian pekerjaan rumah di rumah memang harus dibicarakan dengan baik-baik. Misalnya, si dia yang mengurus cucian dan setrikaan, Anda yang mencuci piring atau mengangkat jemuran.

Karena memang ada lho pasangan yang bertengkar hanya karena yang satu tak mau bersih-bersih sedangkan yang satu maunya masak saja. Demikian penjelasan Greer.

#3   BESARNYA PERANAN MERTUA

Yes, ini adalah masalah semua yang menikah. Paling sebal saat mertua tiba-tiba mengabari kalau mereka mau datang ke rumah secara tiba-tiba, dan serunya … menginap selama tiga minggu!

Ini harus dibicarakan baik-baik dan perjelas batasan-batasan tentang hal ini bareng si dia. Lebih pastinya: “Jangan pernah jadi orang yang terlalu kritis mempertanyakan hal ini satu sama lain, termasuk ngomongin keluarga baru Anda tersebut,” jelas Susan Heitler, Ph.D., konselor pernikahan dan hubungan asmara dari Denver.

#4   CARA HABISKAN UANG

Bahkan pasangan yang terlihat sempurna pun bisa sangat berbeda dalam hal menghabiskan uang. Ada beberapa pasangan yang selalu berantem masalah uang, entah itu tentang beli tiket pesawat yang ekonomis atau tidak hingga oke-tidaknya beli kopi espresso tiap pagi!

Sebenarnya sih ini bukan bertengkar masalah uang, tapi tentang bobot nilai dari sesuatu. Intinya, ada kebutuhan atau hobi salah satu dari pasangan yang lebih penting, dan salah satu harus berkorban untuk itu.

Solusi ampuh lain? Bicaralah lebih tenang dan diskusikan baik-baik.

#5   SEBERAPA SERING BERCINTA

Pastinya,”Pasangan yang jarang bercinta atau sama sekali benar-benar jarang bercinta adalah pasangan yang rapuh,” jelas Heitler.

Jangan pernah acuhkan hal ini karena ini jadi benang merah hubungan Anda berdua. Duduk berdua baik-baik dan bicarakan satu sama lain, seberapa harus seringnya Anda berdua bercinta.

(Visited 132 times, 1 visits today)