5 Gejala Keuangan Anda Mulai Tidak Sehat

0
0
Begini Cara Kelola Uang THR, Supaya Gak Sengsara Usai Hari Raya!
Woman with coins in jar

Apakah kamu yakin kondisi keuangan sudah cukup sehat? Let’s check this out!

Terima  gaji, bayar tagihan, bersenang-senang dan begitu seterusnya setiap bulannya. Jangan dulu arogan, jika kamu merasa berkecukupan. Sebab ada beberapa indikator yang mungkin kurang dihiraukan, padahal sebenarnya pertanda keuangan yang tidak sehat.

Coba cek lima gejala berikut ini….

Pecahkan Rekor Penjualan, E-Commerce Ini Capai 1 Juta Pesanan Dalam 24 Jam!

Tak ada tabungan

Gejala pertama dilihat dari kedisiplinan kamu untuk menabung. Jika kamu kesulitan atau bahkan sudah tidak bisa menabung secara rutin, itu menunjukkan diagnosis keuangan kamu tidak sehat.

Dalam kondisi ini pengeluaran (tanpa memiliki tabungan) akan sama atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan penghasilan.

Terbelit hutang

Gejala selanjutnya adalah berkaitan dengan hutang dan cicilan. Kamu, yang tidak mampu melunasi tagihan kartu kredit maupun cicilan sejenisnya secara disiplin. Pasti akan memperburuk keuangan setiap bulannya.

Bunga yang terpupuk tiap bulan, hanya akan membuat saldo utang membengkak, bahkan melebihi nilai aset yang kamu miliki.

Tak ada dana darurat

Berbagai literatur dan ahli ekonomi selalu menekankan untuk menyiapkan dana darurat, senilai minimal tiga kali pengeluaran bulanan kamu.Dana ini bertujuan untuk pengeluaran tak terduga, jika kamu tak punya dana darurat.

Sudah pasti keuangan kamu tidak sehat. So, pastikan untuk terbiasa membuat anggaran keuangan bulanan dengan baik.

Tak punya dana pensiun

Dana ini harus menjadi salah satu prioritas kamu, karena kesejahteraan saat pensiun merupakan tanggung jawab kamu sendiri. Selain bisa menjaga kesehatan keuangan kamu, mempersiapkan dana pensiun sejak dini juga akan memberi banyak keuntungan.

Investasi Tanah Memang Menguntungkan, Tapi Kamu Harus Tahu 3 Kiat ini POPle…

Habis sebelum waktunya

Ini gejala paling buruk dan mengenaskan. Pernah mengalami gaji putus ditengah bulan? Atau kesulitan memenuhi kebutihan saat mendekati akhir bulan?

Dude, such condition is totally bad and sad! Disinilah letak pentingnya sebuah rencana keuangan jangka panjang dan jangka pendek. Biasakan diri untuk disiplin, supaya tidak menyulitkan diakhir bulan.

Let’s make it all wll prepared for better…

(Visited 178 times, 1 visits today)