Apa Benar, Bercinta Bisa Menurunkan Kolesterol? Simak Faktanya..

0
8
Menurunkan Kolesterol

Bukan hanya membakar kalori, ternyata berhubungan seks bisa berdampak pada kesehatan. Apa Benar, Bercinta Bisa Menurunkan Kolesterol? Simak Faktanya..

Bukan hanya membakar kalori, ternyata berhubungan seks bisa berdampak pada kesehatan. Bahkan tak jarang banyak yang meyakini bahwa hubungan seks bisa menurunkan kolesterol. Mitos atau fakta?

Akan tetapi, benarkah hubungan seksual ada hubungannya dengan kadar kolesterol Anda? Anda tentu perlu mengetahui sekilas soal kolesterol dan cara menurunkan kadarnya jika berlebih.

Kolesterol darah akan meningkat seiring bertambahnya usia. Selain itu, pola makan tinggi lemak jenuh, obesitas, kebiasaan merokok, serta kurangnya aktivitas fisik juga menjadi pemicunya.

Untuk menurunkan kolesterol, Anda harus menjauhi faktor-faktor tersebut. Anda harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berhenti merokok, menjaga berat badan ideal, dan tentunya rajin menjalani aktivitas fisik.

Dirangkum dari Berbagai Sumber, Ini Alasannya Kenapa Pria Ingin Punya Istri Lebih dari Satu!

Lantas, apakah hubungan seks bisa menurunkan kolesterol?

Menurut sebuah penelitian, aktivitas fisik paling ideal untuk menurunkan kolesterol adalah gabungan olahraga aerobik dan latihan resistensi. Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang memacu detak jantung, seperti berjalan kaki, berenang, dan berlari.

Contoh aktivitas fisik intensitas sedang hingga berat antara lain jogging, tenis, berkebun, dan bersepeda dengan kecepatan 10 kilometer per jam. Agar semakin efektif, Anda dapat menyertakan latihan resistensi menggunakan dumbbell.

Seks memang menimbulkan rasa lelah dan membuat detak jantung meningkat, tapi kegiatan ini tidak efektif menurunkan kolesterol dibandingkan olahraga. Kegiatan seksual tidak dapat digolongkan sebagai aktivitas fisik sedang hingga berat karena jumlah energi yang dibakar tidak cukup banyak.

Meski tidak menurunkan kolesterol, seks tetap bermanfaat. Hubungan seksual memang tidak terbukti dapat menurunkan kolesterol secara efektif, tetapi kegiatan ini termasuk aktivitas fisik ringan yang bermanfaat bagi jantung.

(Visited 1,117 times, 1 visits today)