Wah, Ternyata Ada 5 Fakta Ilmiah yang Mengejutkan Tentang Sakit Hati!

0
12
Wah, Ternyata Ada 5 Fakta Ilmiah yang Mengejutkan Tentang Sakit Hati!

Penelitian-penelitian terbaru berhasil mengungkap berbagai fakta menarik dan mengejutkan tentang hubungan asmara, khususnya masalah sakit hati!

 

Siapa yang tidak pernah merasakan yang namanya patah hati? Setiap orang pasti pernah mengalaminya terutama para remaja. Mulai dari ditolak oleh gebetan yang kita suka hingga dikhianati oleh orang yang kita sayang adalah serangkaian hal yang dapat membuat hati kita terluka.

Bukan hanya hati yang terasa luka, tubuh pun ikut nyeri dan ngilu di berbagai tempat. Apa yang sebenarnya terjadi? Untuk mengetahuinya para ilmuan melakukan penelitian hingga mendapatkan 5 fakta ilmiah tentang putus cinta berikut ini..

1. Nama Ilmiah Broken Heart

Nama ilmiah sakit hati adalah sindrom Takotsubo Cardiomyopathy atau sindrom broken heart. Saat ini terjadi biasanya penderita mengalami shock pada emosional dan fisik yang biasanya terjadi pada tahap 48 jam pertama.

2. Menyebabkan Kematian

Fakta ilmiah membuktikan sindrom ini bisa memicu serangan jantung bahkan gagal jantung. Situs berita The Guardian, mengemukakan hasil studi Dr. Alexander Lyon, saat kita sedang patah hati jantung kita semakin lemah karena stress. Guncangan jiwa saat merasa kehilangan memberikan efek adrenalin yang didapat dari tekanan hormon. Di Inggris terdapat 2% dari 300.000 serangan jantung yang terjadi setiap tahun dikarenakan sindrom ini. Selama 10 tahun ditemukan 60.000 kasus akibat sakit hati.

Ini Dia 5 Ide Romantis untuk Membuat Hari Valentine Lebih Spesial!

3. Lebih Berdampak ke Wanita

Karena perempuan secara alamiah lebih mengacu pada perasaan, sindrom ini lebih berdampak pada wanita. Situs The Science 20 mengemukakan hasil studi yang dilakukan pada 40 pasien sindrom ini di dua rumah sakit besar di Rhode Island, Amerika Serikat, selama 2 ½ tahun. 95% diantaranya adalah cewek dan 60% diantara mereka merasakan guncangan stress sebelum akhirnya dilarikan ke ruang gawat darurat.

4. Menyerang Orang dengan Sifat Sensitif

The Huffington Post mengabarkan, dalam sebuah penelitian berhasil ditemukan bahwa sindrom sakit hati lebih berpengaruh pada orang yang sensitif. Biasanya mereka akan merasa lebih sakit dan mendalam daripada yang sifatnya normal.

Ingin Sukses dengan Menjadi ‘Morning Person’? Ikuti 5 Tips Berikut Ini..

5. Sakitnya Seperti Penyakit dalam Tubuh

Rasa sakit akibat sakit hati menurut penelitian sama seperti sakit akibat penyakit yang diderita tubuh kita. Satu studi menemukan bahwa terjadi aktivitas otak yang sama saat mereka melihat foto mantan pacar dan seluruh responden mengalami hawa panas pada tangan mereka. Penelitian lain juga menyimpulkan bahwa sakit hati bisa menjadi sangat intensif. Sehingga saat kita mengalaminya seluruh tubuh kita ikut merasa sakit atau enggak nyaman.

 

Nah, apakah kalian pernah tahu fakta tentang patah hati POPle? Nah, masih mau tahu lebih banyak lagi tips asmara terbaru? download aja aplikasi POPULAR NOW yang tersedia di Google Playstore dan iOS Store atau bisa langsung unduh disini!

(Visited 246 times, 1 visits today)