Yakin Sudah Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online dengan Aman?

0
0

Di zaman now saat ini penipuan kartu kredit makin sering terjadi seiring meluasnya penggunaan internet. Nah bagi kamu yang sering belanja online dengan kartu kredit wajib waspada!

 

Tak sedikit konsumen yang terkaget-kaget karena tiba-tiba tagihan kartu kreditnya membengkak padahal ia tidak belanja. Kasus seperti ini terjadi karena adanya pencurian identitas. Pelaku membuat software berbahaya untuk mencuri informasi akun dan password pengguna internet saat sedang belanja online.

Setelah itu nomor kartu kredit akan diperjual belikan oleh pelaku, dan akhirnya nomor rekeningmu akan disalahgunakan untuk membebankan biaya tagihan ke akun rekeningmu! Lalu bagaimana cara aman belanja online dengan kartu kredit? Ini tips amannya..

1. Simpan Rincian Kartu Kredit

Hal ini juga penting kamu lakukan, untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit dari spyware, lebih baik tidak menyimpan rincian kartu kredit pada komputer atau pada cookie saat mengakses internet. Misalnya nomor kartu kredit dan tanggal kadaluwarsa.

2. Amankan Account Pribadimu

Saat melakukan belanja online, alangkah lebih baiknya menggunakan komputer atau gadget pribadi saja. Jangan pernah menggunakan perangkat komputer dan gadget milik orang lain, sebab hal ini demi keamanan account kamu sendiri.

Siapa Sangka, Berawal dari Hobi Bisa Menghasilkan di Hari Tua Nanti!

3. Berbelanja di Toko Online Terpercaya

Saat ingin berbelanja online dengan kartu kredit, lebih baik pilihlah situs-situs toko online terkemuka yang memiliki bentuk pembayaran online yang terpercaya. Penting untuk menghindari situs-situs toko online yang tidak jelas agar terhindar dari modus penipuan.

4. Mengamankan Password

Hal yang harus kamu lakukan adalah berwaspada sejak awal dengan cara menggunakan password yang berbeda dari password-password kamu sebelumnya. Usahakan juga password tersebut lebih rumit daripada password account-account kamu yang lainnya.

Wuidih! Meski 5 Lagu Hit Seksi Ini Katanya Jiplakan Tapi Enak di Kuping euy

5. Mengamankan Email

E-mail hendaknya diamankan dari hal-hal yang mencurigakan. Cek e-mail dengan berkala, serta hapus e-mail yang datang secara mencurigakan, seperti meminta kartu kredit dan informasi pribadi, atau menginstruksikan pemilik email untuk mengunjungi web yang akan mengaktifkan kartu kredit.

Terkadang dalam suatu email mengandung link yang bila diklik dapat membawa pemilik kartu kredit ke website Phishing, yang menjadi pintu gerbang untuk mendapatkan nomor kartu kredit. Lebih baik, hanya download file dan dokumen dari situs yang dipercaya atau dikenal saja.

(Visited 29 times, 1 visits today)