4 Jenis Olahraga Ringan Ini Bisa Dilakukan Saat Anda Terjebak Kemacetan!

0
1
olahraga ringan

Terjebak macet, terutama saat akan berangkat atau pulang kerja merupakan suatu hal yang biasa. 4 Jenis Olahraga Ringan Ini Bisa Dilakukan Saat Anda Terjebak Kemacetan!

Dalam kurun waktu beberapa tahun ini, tingkat kemacetan yang terjadi di Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia, terus meningkat signifikan. Terlebih di beberapa lokasi masih banyak pembangunan dan sejumlah proyek yang masih berjalan.

Terjebak macet, terutama saat akan berangkat atau pulang kerja, tentunya bukanlah suatu hal yang menyenangkan karena harus menghabiskan waktu selama berjam-jam di jalanan.

Nah, untuk menyiasati kondisi macet dan mengembalikan mood(suasana hati), ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan. Berikut empat olahraga ringan yang dapat dilakukan dalam kendaraan saat terjebak kemacetan.

1. Latihan Pernafasan

Duduk tegak, bayangkan seutas tali menarik kepala Anda ke langit-langit mobil sehingga leher pun seolah-olah lebih panjang. Tarik nafas dalam dan kembangkan dada Anda. Tahan lima detik, lalu buang nafas perlahan lewat mulut seperti meniup lilin. Ulangi latihan ini 5-10 kali untuk membantu meningkatkan pengembangan paru-paru, meningkatkan fungsi pernafasan dan memberikan efek relaksasi.

Wow… 5 Jenis Olahraga Ini Ampuh Bangkitkan Gairah Bercinta…

2. Peregangan Otot Leher

Pegal pada pundak dan leher merupakan hal umum yang sering dikeluhkan, oleh kalangan pengendara. Untuk mengatasinya, latihan yang dapat dilakukan adalah stretching atau peregangan.

Pada posisi duduk tegak, dekatkan telinga kanan seolah-olah ingin menyentuh bahu kanan. Tarik bahu kanan kebawah atau letakan tangan kanan di sisi kiri kepala lalu tarik ke arah bahu kanan untuk mendapatkan efek stretching yang lebih besar. Tahan selama 10 detik, ulangi 5-10 kali. Lalu, lakukan hal serupa pada sisi kiri.

3. Latihan Bahu

Gangguan sendi ini sering terjadi karena terlalu lama menyetir. Untuk mengatasinya, lakukan gerakan memutar bahu ke arah depan dengan pengulangan 5-10 kali, lalu ke arah sebaliknya untuk mengurangi kekakuan di sendi bahu.

Selain itu, lakukan juga peregangan otot di sekitar bahu. Dalam posisi duduk tegak, angkat dan silangkan kedua lengan lurus kedepan dengan jari-jari saling mengenggam. Jika melakukannya dengan tepat, akan terasa peregangan di antara area punggung atas atau tulang belikat. Tahan 10 detik, lalu lakukan 5-10 kali pengulangan.

Lakukan 4 Kegiatan Ini, Biar Nggak Bosan Saat Macet Bareng Pasangan!

4. Latihan Punggung

Pada posisi duduk tegak bersandar pada kursi, perlahan gerakkan panggul ke arah depan seolah-olah membentuk celah kecil antara kursi dan punggung. Tahan selama 5 detik, kemudian secara perlahan gerakkan panggul ke belakang kembali ke posisi awal sehingga punggung kembali rata dengan sandaran kursi. Ulangi gerakan ini beberapa kali untuk membantu mengurangi rasa pegal atau kekakuan pada bagian punggung bawah.

(Visited 145 times, 1 visits today)