Akhiri Kesepianmu Karena Kamu Tak Perlu Lagi Merasa Sendiri

0
26
sendiri

Bukti menunjukkan bahwa kesepian itu buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Namun, dengan banyaknya dukungan, kamu tidak perlu lagi menanganinya sendiri.

Apakah kamu pernah merasa kesepian di tengah keramaian? Pernahkah kamu merasa sepenuhnya sendiri? Pernahkah kamu merasa bahwa tidak ada satupun orang yang bisa menemanimu? Apakah kamu seorang “pecundang” karena sendirian?

Otak dirancang untuk memperhatikan rasa sakit dan bahaya, dan itu termasuk perasaan-perasaan menakutkan yang menyakitkan. Tetapi kemudian otak mencoba untuk memahami perasaan itu. Kenapa aku merasa seperti ini? Apakah karena tidak ada yang mencintai aku? Karena mereka semua jahat? Kesepian itu menyakitkan dan dapat membingungkan hanya dengan berpikir bahwa kamu adalah orang yang terbuang. Kamu mungkin bereaksi dengan menarik diri sendiri. Setiap orang yang sendiri pada suatu waktu itu adalah sebuah situasi, dan situasi pun pasti akan berubah mengikuti waktu.

Jika kamu merasa kesepian, kamu tidak sendirian. Kedengarannya agak ironis memang, tapi benar. Dunia ini penuh dengan orang-orang yang kesepian. Untuk beberapa alasan, di dunia ini penuh dengan manusia yang berbeda-beda sehingga kamu perlu berjuang untuk mencari teman yang tepat sehingga membuat hubungan kalian bisa bertahan lama.

sendiri

Ada situasi dalam kehidupan setiap orang yang membuatnya merasa kesepian, ini karena disebabkan oleh sejumlah situasi. Seperti, pindah ke kota baru, ditinggal orang yang dicintai entah karena putus hubungan atau meninggal, kecewa dengan masa lalu, dan rasa bersalah. Kesepian kronis di sisi lain adalah keadaan terus menerus karena memiliki rasa ‘kosong’ dengan siapa pun yang kamu percayai.

Kesepian adalah fenomena mental dan emosional yang kompleks, mungkin karena kamu telah mengalami beberapa tingkat pengabaian dan mengingat perasaan menyakitkan serta menakutkan yang menyertainya. Setiap kali kamu diingatkan tentang perasaan ini maka kamu akan mengantisipasinya di masa depan.

Untuk berbahagia pun kita membutuhkan ikatan intim dengan orang lain. Kita perlu memiliki orang-orang yang dapat dipercaya. Kita membutuhkan orang-orang yang akan mendukung kita dan orang-orang yang dapat kita dukung sebagai balasannya. Pada dasarnya, kita diciptakan untuk hidup bersama dan bersosialisasi dengan orang lain.

Mengenal sebab akibat kesepian

Menurut penelitian, kesepian bisa sama merusaknya dengan merokok 15 batang rokok sehari. Hal ini juga terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke dan tekanan darah. Mengenali dampak kesepian yang terjadi pada kamu adalah langkah pertama untuk mengatasinya.

Cari tahu mengapa kamu merasa sepi

Faktor utama yang dapat menyebabkan kesepian adalah karena kamu tidak memiliki kontak sosial yang cukup atau meskipun dikelilingi oleh orang-orang, kamu tidak pernah merasa dipahami, didengarkan atau diperhatikan.

Pasangan Kasar Secara Fisik? Berani Melakukan Sesuatu Untuk Menjauh

Identifikasi pikiran kesepian kamu

Tuliskan beberapa pikiran negatif yang kamu miliki saat kesepian. Cobalah untuk berpikir rasional terhadap hal tersebut. Apakah kamu benar-benar akan selalu sendiri atau mungkin malah ingin segera berinteraksi dengan orang-orang?

Bicaralah kepada seseorang

Rahasia kebahagiaan ternyata sederhana. Berbicara dengan teman dan keluarga adalah cara yang mudah untuk mengatasi kesepian, tetapi jika kamu merasa kurang, bergabung dengan komunitas atau bersosialisasi yang sesuai dengan minat dan hobi kamu adalah cara terbaik untuk bertemu orang baru dan meningkatkan interaksi sosial.

Get online

Internet terkadang dapat membuat kita merasa kesepian karena kita berusaha untuk menggantikan hubungan nyata dengan hubungan online. Menghabiskan waktu online jelas tidak dapat menggantikan semua interaksi kehidupan nyata kamu. Ini mungkin memang bukan obat mujarab, bagaimanapun hubungan antara kesepian dan waktu yang dihabiskan secara online akan lebih lengkap dengan adanya pertemuan secara langsung. Selain itu, internet dapat menghalangi ketika kamu benar-benar sedang bersama dengan seseorang secara langsung tetapi kalian berdua terus-menerus menggunakan ponsel sehingga percakapan yang bermakna tentu tidak akan terjadi.

Ubah pemikiran kamu

Mengubah cara berpikir merupakan cara mendasar untuk mengatasi kesepian. Mungkin mempertimbangkan untuk berbicara dengan terapis bisa kamu jadikan salah satu pilihan.

Fokus pada harapan yang jelas realistis

Jika kamu mengharapkan teman baru untuk menelepon secara konstan, menghabiskan waktu bersama setiap hari, atau berbagi setiap detail kehidupan mereka, mungkin bisa jadi kamu akan kecewa. Orang-orang memiliki kehidupan lain dan tentunya punya kesibukan juga di pekerjaannya atau sekolah. Jangan lantas menyerah begitu saja hanya karena mereka tidak dapat memberikan sebanyak yang kamu harapkan.

Ternyata Ini Alasan Kenapa Wanita Lebih Suka Nonton Film ‘Dewasa’ Sendirian!

Perhatikan pikiran yang berujung menghancurkan diri sendiri

Belajar menikmati waktu sendiri bisa sama pentingnya dengan kehidupan sosial yang baik. Kesepian seharusnya hanya bersifat sementara karena situasi berubah seiring berjalannya waktu. Jika kamu sedang berjuang dengan perasaan kesepian, ingatlah bahwa ini tidak harus menjadi masalah permanen dan ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk melawannya. Kamu bisa mengatasi kesepian dengan cara yang positif.

Jangan menyerah! Belum saatnya untuk kamu berhenti

Korban bullying mungkin memiliki rasa malu dan berasumsi tentang status sosial sampai berlanjut hingga dewasa. Rasa keingintahuan tentang orang lain yang baru juga bisa mengalihkan perhatian kamu dari perasaan-perasaan menyakitkan yang cenderung membuat kamu bersembunyi. Naluri untuk bersikap baik pada orang asing atau orang baru jangan sampai malah membuat kamu takut. Tetaplah gigih bahkan jika kelompok tertentu kelihatannya menjadi jalan buntu bagi kamu, terus coba yang lain. Dan begitu kamu memiliki satu atau dua teman, pertahankan persahabatan itu dengan waktu dan perhatian. Jika kamu mendapat lebih banyak teman, habiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman yang memang menghargai persahabatan kalian.

When you start to feel lonely, you can also start to feel ashamed and then you start to think of yourself as a loser. Jika kamu membiarkan diri sendiri mempercayai itu, kamu mungkin malah menjadi enggan untuk bertemu orang baru dan tanpa sadar kamu akan terjebak dalam keadaan sepi. Biarkan perasaan ini memotivasi kamu untuk berhubungan dengan orang lain.

Sudahkah kamu menemukan strategi yang bagus untuk membuat diri kamu tidak kesepian? Lawan dengan berani menghadapinya. Ambil sikap dan lakukan sesuatu untuk memperbaikinya, jangan malah lari atau mengindar dari masalah. Penting bagi kita untuk mengetahui dan mengingat bahwasannya kita tidak pernah benar-benar sendirian. Tuhan berjanji untuk tidak pernah meninggalkan kita dan selalu bersama kita.

(Visited 1,229 times, 1 visits today)