Apa Sih Manfaatnya Belajar Bahasa Asing?

0
2
belajar bahasa asing

Kemampuan untuk mampu berkomunikasi dalam bahasa asing itu penting. Ini manfaatnya belajar bahasa asing yang akan sangat berguna bagi kehidupan profesional-mu.

Saat ini hampir tidak ada batasan antara satu negara dengan negara lainnya dikarenakan kecanggihan teknologi, dan zaman ini dikenal dengan era globalisasi.

Ditambah lagi negara – negara di Asia Tenggara menjalin sebuah kerjasama dalam bentuk integrasi dalam sektor ekonomi, mengaburkan batasan antar negara Asia Tenggara melalui kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Lantas, kalau kemampuan berbahasa asing masih rendah, bagaimana bisa bersaing dengan masyarakat dari negara lain?

Selain alasan globalisasi, ada berbagai manfaat belajar bahasa asing, mulai dari karier hingga kehidupan pribadi. Ini alasan kamu harus belajar bahasa asing!

Membuka peluang kerja di berbagai belahan dunia

Mempelajari bahasa asing akan memberikan kamu kemudahan dalam jenjang karier. Alasannya sederhana, perusahaan akan menilai kamu adalah seorang yang memiliki mindset terbuka dan memiliki mindset global.

Tidak sedikit jumlah ekspatriat yang bepergian belasan kali dalam sebulan ke luar negeri dalam rangka bisnis, dan kabar baiknya, dengan kemampuan berbahasa asing kamu bisa menjadi salah satu profesional seperti mereka.

 

Bahkan di perusahaan kecil sekalipun, kamu akan tampak stand out dibandingkan dengan pegawai lainnya.

Melatih dan menjaga kesehatan otak

Penelitian menemukan bahwa mereka yang terus menerus belajar bahasa asing memiliki otak yang lebih sehat ketimbang yang tidak. Tanpa pandang usia, belajar bahasa asing di usia dewasa sekalipun akan melatih otak kamu menjadi lebih baik seperti kemampuan mengingat, rentang waktu fokus yang lebih lama, dan menurunnya resiko pikun secara drastis.

Teman dari berbagai belahan dunia lain

Kamu pasti pernah bertemu dengan orang asing, dan kamu menyesal andai saja saat itu kamu bisa bercakap – cakap dengannya, pertemanan dan pengetahuanmu tentang kebudayaan lain pasti semakin luas.

Dengan kemampuan berbahasa asing, tanpa disadari kamu akan memperluas pertemanan, dan pengetahuan akan kebudayaan asing akan semakin kaya.

Melihat dari perspektif lain

Penting untuk melihat kebudayaan sendiri dari perspektif mereka yang berbeda, sehingga kamu bisa melihat kekurangan dan mengambil sisi positif dari kebudayaan asing.

(Visited 3 times, 1 visits today)