Begini Cara Cerdas dan Mudah Untuk Menangkal Informasi Hoax!

0
2
informasi hoax

Masyarakat Anti Hoax Indonesia (Mafindo) terus berusaha menghalau informasi palsu atau hoax. Begini Cara Cerdas dan Mudah Untuk Menangkal Informasi Hoax!

Masyarakat Anti Hoax Indonesia (Mafindo) terus berusaha menghalau informasi palsu atau hoax. Langkah terbaru organisasi tersebut yaitu dengan meluncurkan layanan Lapor Hoax dan Anti-Hoax Search Engine (ASE).

Dalam keterangan resminya, Mafindo menjelaskan bahwa Lapor Hoax dan Anti-Hoax Search Engine merupakan layanan publik yang bisa diakses oleh siapa pun. Keduanya bisa diakses melalui alamat www.turnbackhoax.id dan search.turnbackhoax.id.

Melalui layanan Lapor Hoax, masyarakat bisa membuat laporan tentang informasi palsu yang ditemukan di internet kepada Mafindo melalui email. Warganet cukup mengisi formulir yang ada pada laman Lapor Hoax, mencakup nama, alamat email, teks hoax, pesan dan gambar-gambar yang berkaitan dengan laporan tersebut.

Sebenarnya, Apa Sih Perbedaan Hacker dan Cracker?

Kemudian untuk ASE, masyarakat bisa menggunakan layanan tersebut untuk mencari informasi yang dijamin terpercaya. ASE akan menampilkan hasil pencarian Google yang sudah disesuaikan agar tidak menampilkan informasi-informasi palsu.

“ASE hanya mencari situs web terpercaya. Situs web yang berisi berita palsu, hoax atau ujaran kebencian tidak akan ditampilkan,” demikian keterangan yang tertulis di laman ASE. Situs web di ASE terdiri dari beberapa kriteria, yang salah satunya merupakan bagian dari anti-hoax database di turnbackhoax.id.

Selain itu juga terdaftar di Dewan Pers dengan status “Terverifikasi Faktual dan Administrasi” dan situs web terpercaya seperti Wikipedia dengan konten-konten yang mudah dilacak dan diverifikasi.

(Visited 162 times, 1 visits today)