Ternyata 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Dijadikan Sebagai Obat Pertolongan Pertama!

0
5
Ternyata 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Dijadikan Sebagai Obat Pertolongan Pertama!

Tidak semua orang memiliki kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) di rumah. Nah, untuk keadaan mendesak ternyata beberapa jenis bumbu dapur juga bisa dijadikan obat pertolongan selain fungsinya sebagai bumbu masakan!

 

Kita pasti pernah mengalami yang namanya masa-masa genting kecelakaan yang tak terduga. Seperti mengalami luka sayat dalam atau terbakar. Menghadapi hal seperti itu pasti kita langsung panik dan bingung harus lakukan apa.

Selain itu dimana bisa mendapatkan obat pertolongan pertama yang pas untuk obati luka tersebut? Ini harus ditindak dengan cepat dan tepat, karena jika tidak takutnya terkena bakteri dari udara. Nah, jika obat medis sedang tak ada, segera pergi ke dapur!

Loh, kenapa?

Karena bumbu dapur bisa juga jadi obat pertolongan pertama. Siapa sangka ini ampuh untuk mengobati luka? Dilansir dariĀ Foxnews, menurut ketua Departemen Obstetri atau Ginekologi dan Ilmu Reproduksi, DR. Manny Alvarez, di Hackensack University Medical Center, beberapa bumbu dapur bisa sangat membantu.

Nah, mau tahu apa saja bumbu dapur yang bermanfaat sebagai pertolongan pertama?

1. MADU

Selain baik untuk perawatan wajah, ternyata madu juga berguna untuk mengobati mabuk. Madu dapat memetabolismekan alkohol lebih cepat. Selain itu madu juga mengandung kalium yang hilang paska minum alkohol.

2. GARAM

Jangan sepelekan garam. Mengingat anggota dapur ini ternyata bisa mengobati sakit tenggorokan dengan cara berkumur dengan air garam. Karena bumbu dapur asin ini sangat baik sebagai anti-inflamasi.

5 Cara Mudah Ini, Hilangkan Bau Mulut Selama Berpuasa!

3. TEH HIJAU

Minuman yang tengah digandrungi anak muda ini memang punya banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari umur panjang, meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan jantung. Manfaat baik lainnya adalah teh hijau juga berguna untuk membantu menyejukkan dan mengurangi mata yang bengkak, ini bisa menyusutkan pembuluh darah.

4. BAWANG

Bawang dapat dipakai sebagai pengobatan topikal untuk luka bakar dan sengatan lebah. Oleskan potongan bawang pada kulit yang terbakar secepatnya untuk membantu kurangi rasa sakit.

Ketawa-Ketiwi aja! Sikat 5 Klip Parodi Lagu-Lagu Hit Ini Kocak Banget

5. KUNYIT

Kunyit sejak lama dipercaya sebagai antibiotik alami terutama fungsinya yang mengurangi peradangan, membunuh bakteri serta jamur dan memurnikan tubuh. Karena itu kunyit seringkali hadir dalam jamu-jamuan. Kunyit juga dipercaya baik untuk jantung dan kesehatan otak. Untuk keperluan antibiotik, kunyit bisa juga dicampur dengan madu.

(Visited 40 times, 1 visits today)