Tips Mengambil Gambar Di Tempat Gelap Dengan Smartphone

0
2

Ftur kamera merupakan sebuah fitur yang sudah wajib ada dalam sebuah smartphone.  Dengan adanya fitur kamera, para penggunanya  bisa mengabadikan berbagai momen spesial dimana saja dan kapan saja, tanpa perlu membawa kamera DSLR dan sejenisnya untuk mendapatkan gambar yang bagus.

Tetapi ada kalanya tempat yang dikunjungi tidak memiliki cahaya yang cukup atau terlalu gelap untuk melakukan mengambil gambar. Berikut ini adalah trik untuk mengambil gambar di tempat gelap dengan smartphone yang Anda gunakan.

Gunakan Flash

mengambil gambar
via pexels.com

Untuk tempat yang cukup gelap, Anda bisa menggunakan LED flash yang terdapat dalam smartphone Anda. Pastikan Anda memberikan jarak yag sesuai antara kamera dengan objek yang akan difoto.

Bila jarak terlalu dekat akan menghasilkan gambar over exposure, sementara bila terlalu jauh gambar yang dihasilkan akan buram. Lakukanlah beberapa kali dengan jarak yang berbeda untuk menghasilkan gambar yang terbaik.

Aktifkan Mode HDR

Mode High Dynamic Range (HDR) bisa mengambil gambar dengan berbagai macam tingkat cahaya secara digital kemudian menggabungkan hasil gambar tersebut. Mode HDR ini sudah ada di dalam setiap smartphone tipe terbaru saat ini.

Gunakan ISO Tinggi

mengambil gambar
via pexels.com

Tingkat ISO menunjukkan tingkat sensitivitas kamera terhadap cahaya yang ada di wilayah tersebut. Semakin tinggi tingkat ISO maka kamera akan mampu menangkap cahaya lebih banyak.

Ambilah beberapa gambar dengan tingkat ISO yang berbeda untuk mengetahui tingkat ISO yang sesuai dengan lingkungan tersebut.

Pilih Pengaturan Manual

Smartphone terbaru sudah memiliki fitur pengaturan secara manual. Dengan menggunakan pengaturan secara manual, Anda bisa mengatur tingkat ISO, aputure, kecepatan lensa dan sebagainya seperti kamera DSLR.

Gunakan Dua Smartphone

Bila Anda bingung dengan seluruh pengaturan dan teknologi tersebut, Anda menggunakan dua buah smartphone sekaligus. Cara menggunakan dua buah smartphone sangatlah mudah.

Satu smartphone digunakan untuk mengambil gambar, sedangkan smartphone yang lainnya dijadikan sebagai sumber penerangan di dalam ruangan.

Nah, selain lima cara diatas, apakah kalian mempunya trik lainnya untuk mengambil gambar dengan smartphone di tempat gelap? Bila ada bisa kalian share di kolom komentar ya!

 

(Visited 242 times, 1 visits today)