Benarkah Bir Punya Manfaat Hebat Untuk Diri Anda?

0
4

Dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya, bisa memperlambat reaksi Anda, bikin Anda terlihat bodoh, hangover, sebabkan bau mulut ! Ya, itulah beberapa kerugian yang bisa ditimbulkan dari konsumsi alkohol berlebihan. Semua pihak tentu setuju dengan hal itu. Namun, di sisi lain,sejumlah studi mengklaim bahwa alkohol juga menyimpan segudang manfaat hebat bagi kesehatan tubuh. Seberapa hebat?

Studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal menyebutkan, orang yang mengkonsumsi tujuh gelas bir dalam seminggu memiliki risiko gagal jantung 20 persen lebih rendah ketimbang orang yang tak mengkonsumsinya sama sekali. Kata para ahli di sana, kesimpulan tersebut mereka peroleh setelah meneliti kebiasaan minum bir 15.000 orang selama 25 tahun.

“Menenggak bir dalam jumlah sedikit sejatinya punya banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mampu menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kadar kolesterol  HDL, mencegah penyumbatan arteri, bahkan dapat memperpanjang usia Anda” ujar Scott Solomon, M.D., profesor kedokteran dari Harvard Medical School.

Lantas, apakah Anda memang disarankan untuk minum bir setiap hari? Solomon menambahkan, jika pada dasarnya Anda tidak minum alkohol, Anda tak perlu termotivasi untuk mengkonsumsinya hanya karena kesimpulan yang di dapat dari berbagai penelitian, demikian dilansir Men’shealth.

“Tapi, bila memang Anda gemar mengkonsumsi bir dan sudah menjadi gaya hidup, kami “angkat gelas untuk hal itu”. Meski demikian, tetaplah ingat, jangan menenggaknya lebih dari 1 gelas dalam sehari. Kenapa? Hal tersebut dapat memperbesar risiko kematian dini” pungkas Solomon.

(Visited 58 times, 1 visits today)