Fakta Riset: Duduk Lama Bisa Perburuk Kesehatan Otak

0
0

Mungkin ini saatnya kita nggak lama-lama duduk lagi – apapun alasannya. Fakta penelitian terbaru menemukan kelamaan duduk bisa perburuk kondisi otak! Kok bisa?

 

Nonton film serial seru atau nonton saluran olahraga favorit dengan duduk lama? Atau mungkin doyan berkutat dengan pekerjaan dengan duduk lama?

Hati-hati karena itu bisa perburuk kondisi otak!

Ya, selama bertahun-tahun para dokter dan ilmuwan alias para ahli sudah memperingatkan betapa bahayanya kondisi nggak aktif alias malas-malasan di kursi atau duduk lama di kursi.

Studi terbaru muncul bahwa duduk lama sekarang malah bisa bikin kondisi otak jadi riskan berbahaya!

Kok bisa?

 

Tetap Sehat Saat Duduk Lama di Depan Layar Komputer! Ini Tipsnya

 

Para ahli meriset kondisi kesehatan otak sebanyak 35 orang berusia 45 hingga 75 tahun. Mereka diberikan pertanyaan seputar tingkat aktifitas, yang termasuk seberapa lama waktu yang dihabiskan pas duduk, jalan dan beraktifitas fisik tiap harinya.

Setelah itu dilakukan, para ahli meneliti kondisi otak mereka dengan MRI agar lebih detail lagi.

Hasilnya?

Mereka yang duduk lebih lama punya daya ingat medial yang lebih tipis.

 

Duduk lebih sedikit

Sebelumnya studi yang dilakukan di Australia menemukan pria yang duduk selama enam jam sehari lebih mudah merasa lelah, cemas, dan merasa nggak berdaya dibanding mereka yang habiskan waktu duduk lebih sedikit.

Hasil studi dari Jerman malah lebih ngeri lagi. Studinya menemukan mereka yang lebih banyak duduk ternyata lebih rentan terkena kanker usus dibanding mereka yang aktif. Mereka yang lebih lama duduk juga lebih rentan terkena diabetes, obesitas dan sakit punggung!

Duh…

 

Mata Lelah Menatap Layar Komputer? Begini Cara Mengatasinya!

 

Lalu jika kita duduk lama depan laptop karena pekerjaan, berapa waktu yang harus dihabiskan untuk istirahat dan jalan?

Kalau kata para ahli kesehatan: dua jam setiap harinya. Setidaknya itu solusi setelah duduk lama yang diterbitkan British Journal of Sports Medicine, hasil kesimpulan dari para tim dokter dan para periset.

 

Ingin gebet info sehat lainnya? Geber aja POPULAR NOW! So, buruan download versi PlayStore ini dan ini versi iOS -nya!

 

 

 

 

 

 

 

foto Okie AZ

(Visited 14 times, 1 visits today)