Ternyata Gawai Bikin ‘Otak Kering’ Meski Pas Dimatikan!

0
1

‘Kelakuan’ gawai alias ponsel pintar yang bikin ‘otak jadi kering’ alias dodol dibuktikan studi terbaru dari Universitas Texas. Kok bisa?

 

Ponsel pintar alias ponpin ternyata punya efek yang mengerikan ke kapasitas kognitif alias otak. Dan ilmu pengetahuan lagi-lagi temukan fakta buruk dari ponpin – setelah sebelumnya ponpin dibuktikan bikin manusia jadi lebih kompulsif karena sedikit-sedikit periksa ponpin dan bahkan bisa bikin tubuh jadi gemuk!

Parahnya nih, studi terbaru membuktikan kalau ponpin tetap bisa memengaruhi kita meski sedang dekat dan meski sudah dimatikan! Duh …

Studi ini melibatkan 800 pengguna ponpin yang sedang mengerjakan tugas dengan posisi ponpin ada dekat mereka. Tugas mereka membutuhkan konsentrasi penuh dan ponpin (yang di-silent) bergeletakan ada di meja, kantung, tas dan di ruangan lain.

Hasilnya?

Ternyata mereka yang tidak satu ruangan dengan ponpin alias mereka yang ponpinnya di luar ruangan berhasil mengerjakan tugas dengan oke dan lebih baik dibanding mereka yang meletakkan ponpin-nya di atas meja maupun mereka yang ponpinnya ada di kantung dan di dalam tas.

 

Percobaan lain

Eksperimen lain dilakukan. Para periset meminta partisipan studi melakukan tugas yang sama, tapi dengan posisi ponpin mereka menghadap atas di meja, di dalam kantung dan di dalam tas, dan juga di ruangan lain. Hanya beberapa dari mereka diminta untuk mematikan ponpin.

Hasilnya?

 

Gawai bikin otak kering?

 

Mereka yang punya tingkat ketergantungan pada ponpin melakukan hal yang lebih buruk dibanding mereka yang tak terlalu tergantung pada ponpin – baik itu ponpinnya ada di meja, kantung maupun dalam tas.

 

Sederet Gawai Ini Didesain Selebriti

 

Apakah ponpinnya dimatikan atau dihidupkan ternyata tak ada bedanya. Itu berarti keberadaan ponpin jadi penghambat tugas dikerjakan.

“Kami lihat tren linear yang memperlihatkan semakin ponpin mudah terlihat, kemampuan kognitif atau nalar otak makin berkurang. Pikiran sadar kita memang tak memikirkan ponpinnya, tapi proses dari otak untuk tak memikirkan sesuatu – sedang yang terjadi justru memakai sumber terbatas dari nalar. Itulah kondisi yang disebut ‘otak jadi kering’ tadi.

Mungkin saatnya tak tergantung pada ponpin, dan mulai tergantung pada pasangan saja buat ingatin segala sesuatunya? Hmmm …

 

(Visited 172 times, 1 visits today)