Ketagihan Minum Kopi? Hindari 3 Waktu yang Nggak Tepat

0
3
Sumber Gambar: Blogarama

Bagi sebagian orang mungkin kopi hanyalah minuman biasa. Akan tetapi, bagi pecandu kopi, kopi sudah seperti soulmate. Tiada hari tanpa minum kopi. Mereka bisa menjadi tidak semangat, lemas, atau mengantuk ketika menjalani kegiatan sehari-hari apabila tidak minum kopi. Hmm sampai sebegitunya yaa.

Beberapa dari pecandu kopi menganggap kopi dapat membantu mereka fokus dalam mengerjakan sesuatu. Katanya hal tersebut disebabkan kafein dalam kopi. Sudah rahasia umum kafein adalah zat di dalam kopi yang membuat seseorang bisa tetap terjaga. Ia merupakan senyawa alkaloid, bersifat pahit dan bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif serta diuretik ringan.

 

Jangan Salah Pilih, Yuk Minum Kopi Sesuai Kebutuhanmu!

 

Tanpa kopi, pecandu kopi susah untuk mengumpulkan daya fokus terhadap sesuatu hal yang sedang dikerjakan. Jadi mengerjakan sesuatu akan menjadi lama karena seharian tidak ‘kena’ kopi. Well, minum kopi yang baik ternyata ada waktunya, loh.

1. Jangan ngopi ketika perut kosong

Meski rasanya pahit, ternyata kopi mengandung asam, loh, POPle. Minum kopi dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan kadar asam lambung. Asam lambung bersifat korosif dan bisa merusak lambung jika didiamkan tanpa isi apapun apalagi ditambah dengan kopi. Jangan biasakan minum kopi kalau belum ngisi perut yaa!

2. Jangan ngopi pagi hari

Bila Anda biasa meminum kopi di pagi hari sebelum melakukan beragam aktivitas, maka sebaiknya mulai berpikir ulang. Sbeberapa ahli mengatakan bahwa waktu minum kopi yang paling bagus adalah setelah hormon kortisol melewati masa puncaknya atau setelah pukul 9 pagi. Alasannya, bila seseorang minum kopi ketika hormon tersebut masih tinggi maka dapat menyebabkan tubuh meningkatkan toleransi terhadap kafein. Artinya, seseorang akan membutuhkan jumlah kafein yang lebih banyak setiap pagi untuk mendapatkan efek yang sama. Takaran kopi yang sama setiap paginya lama-lama menjadi tak efektif. Tidak baik bagai kesehatan.

 

Ternyata, Minuman yang Baik Dikonsumsi di Pagi Hari Bukan Kopi, Tapi Ini!

 

3. Jangan ngopi di malam hari

Bukti penelitian menunjukkan bahwa efek kafein lebih dari sekadar membuat seseorang sulit untuk tidur. Kafein menyetel ulang jam tubuh dengan menunda kenaikan tingkat melatonin, hormon utama tidur di tubuh. Kebayang kan kalau minum kopi malam hari? Kalian akan susah tidur dan yang ada besok pagi kesiangan bangun. Duh!

(Visited 67 times, 1 visits today)