Ini Dia, Manfaat Sehat Dari Memancing !

0
3

Banyak orang mengatakan “memancing itu membosankan”. Di satu sisi, hal tersebut memang benar adanya. Namun, bagaimana dengan mereka yang menjadikan kegiatan tersebut sebagai hobi? Hmm, ungkapan tersebut tampaknya benar-benar sangat tak berlaku. Pasalnya, pemancing rela duduk selama berjam-jam hingga ikan menyambar umpan mereka. Dan yang lebih ngenes, mereka terkadang harus pulang dengan tangan hampa alias tak mendapat tangkapan sama sekali.

Kendati tergolong sebagai hobi yang ‘unik’, tahukah Anda jika memancing punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh? Berikut sederet keuntungan yang bisa Anda dapatkan. 

Bikin tubuh bugar

Selain di kolam pemancingan, banyak lokasi mancing lain yang membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa sampai ke tujuan. Misalnya di tengah danau atau di sekitar perbukitan, dimana pemancing  harus terlebih dulu mendayung sampan, berjalan kaki, ataupun bersepeda. 

“Ya, itu semua merupakan aktivitas kardiovaskular yang bikin tubuh jadi bugar,” kata Janna Superstein, president of fly fishing company Superfly International Inc.

Tingkatkan kesehatan jiwa

Aktivitas mancing juga disinyalir ampuh untuk tingkatkan kesehatan jiwa. Bahkan, dua rumah sakit jiwa di Skotlandia, Greater Glasgow dan Clyde, menerapkan memancing sebagai salah satu terapi  kepada para pasiennya. Ya, gagasan terapi yang dicetus David Potter, Mark Aitchison, dan John Kelly tersebut dipercaya bisa memberikan efek menenangkan.

Lepaskan stres

Menurut para pemancing, berburu ikan sangat ampuh untuk melepaskan stres yang dialami. Hal itupun diamini oleh Frank Peterson, CEO Recreational Boating and Fishing Foundation. Ia menuturkan, memancing dapat bikin pelakunya merasa tenang dan lebih rileks.Tak hanya itu, sebuah studi tahun 2009 juga menyebutkan bahwa memancing dapat mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang pasca trauma. 

Tingkatkan kemampuan berkonsentrasi

Kemampuan seseorang dalam berkonsentrasi juga dapat meningkat dengan memancing. Hal tersebut bisa dilihat saat momen dimana pemancing harus fokus pada joran (alat pancing) hingga umpan yang dibuatnya disambar ikan. Begitu pun saat melakukan perlawanan . Saat tarik-menarik, pemancing dituntut untuk berkonsentrasi penuh agar ikan pada akhirnya bisa menyerah

 

Oh ya, sehabis mancing, ada baiknya jika ikan yang berhasil ditangkap Anda konsumsi. Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia menyebutkan bahwa rutin makan ikan dapat memperpanjang usia seseorang.

 

(Visited 438 times, 1 visits today)