Jangan Sepelekan Bau Mulut !

0
0

Pada dasarnya, menyikat gigi merupakan salah satu ritual yang wajib dilakukan setiap hari. Tujuannya tak lain agar gigi dan mulut tetap terjaga kesehatannya. Namun, jika Anda telah menyikat gigi secara teratur tapi mulut tetap mengeluarkan aroma tak sedap,  Anda patut berhati-hati. Pasalnya, sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkap bahwa bau mulut merupakan sinyal penyakit berbahaya.

Menurut Dr. Sameer Patel, warna gigi, kondisi gusi, dan mulut, dapat memberitahu banyak hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, lanjut Patel, bau mulut terkadang merupakan salah satu tanda adannya masalah kesehatan yang serius, salah satunya liver.

Patel menjelaskan, saat liver tak mampu menetralisir racun dalam tubuh, yang akan terjadi adalah pembusukan. “Jika sudah begitu, racun akan kembali masuk ke dalam darah lalu dibawa ke paru-paru dan selanjutnya dikeluarkan lagi melalui pernapasan,” ujar direktur klinis dari Elleven Dental, London, ini.

Tak hanya itu, bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan di lambung dan sistem pencernaan, demikian tambah Petel. Karenanya, ada baiknya jika Anda kunjungi dokter bila bau mulut berlangsung secara berkepanjangan.

 

(Visited 166 times, 1 visits today)