Mengapa Minum Kopi di Pagi Hari Bikin Perut Mulas?

0
3

Setelah menyeruput kopi di pagi hari perut langsung mulas! Pernahkah Anda mengalami hal itu? Jika pernah, ternyata ada penjelasan medis mengapa ngopi di pagi hari menyebabkan hal tersebut. Berikut ulasannya!

Dikatakan Satish Rao, M.D., Ph.D., kopi pada dasarnya dapat meningkatkan kontraksi di usus Anda.  “Artinya, kopi akan memicu tinja berjalan lebih cepat menuju rektum” ujar ahli kesehatan di Georgia Regents University ini.

Kesimpulan tersebut diperoleh setelah Rao dan timnya meneliti 12 orang sekitar dua dekade lalu. Dalam penelitiannya, partisipan diminta untuk mengkonsumsi minuman berkafein selama kurang-lebih 10 jam.

Terkait perut mulas usai menenggak kopi, beberapa ilmuwan juga punya teori lain. Dilansir Menshealth, kopi diklaim dapat memicu pelepasan gastrin yang pada akhirnya menyebabkan sekresi asam di dalam perut. Dan bila itu terjadi, tinja pun akan keluar lebih cepat.

Untuk mencegah mulas saat beraktivitas, Rao menyarankan agar Anda mengkonsumsi kopi setidaknya dua jam setelah bangun pagi.  “Perlu Anda tahu, hal tersebut akan memberikan waktu bagi usus untuk menenangkan diri” pungkasnya.

Ternyata, kopi juga ampuh dalam mengatasi masalah disfungsi ereksi. Tak percaya? Baca ini: Ingin Kuat di Ranjang? Rutin Tenggak Kopi!

(Visited 536 times, 1 visits today)