Minuman Panas Berpotensi Jadi Penyebab Kanker!

0
1

Penyebab kanker ternyata gak melulu dari makanan, minuman panas ternyata potensi sebabkan kanker.

Kalau selama ini Anda beranggapan kalau hanya makanan saja yang bisa menyebabkan bahaya penyakit kanker, nampaknya Anda mesti perhatikan pembahasan ini. Ternyata penikmat minuman juga diketahui punya potensi bahaya yang sama akan risiko kanker. Mengapa demikian? Coba simak penjelasan berikut.

Apakah Anda terbiasa menenggak minuman, apapun jenisnya, dalam keadaan panas? Jika ya, coba mulai sekarang biasakan menunggu minuman tersebut dingin lebih dulu. Yup, coba hilangkanlah kebiasaan tersebut mulai saat ini! Menurut riset, keseringan minum minuman panas berpotensi besar jadi penyebab kanker.

Minuman Panas Berpotensi Jadi Penyebab Kanker!
Minuman Panas Berpotensi Jadi Penyebab Kanker!

Pernyataan tersebut dilontarkan oleh World Health Organization (WHO) baru-baru ini. Para ilmuwan di sana memaparkan bahwa kebiasaan mengonsumsi minuman panas berpotensi jadi penyebab kanker. Alasannya, minuman panasa dapat memicu terjadinya kanker esofagus alias kanker kerongkongan. Demikian dilansir Men’s Health.

“Minuman panas dapat merusak sel-sel dalam kerongkongan Anda. Perlu Anda tahu, orang yang punya kebiasaan menenggak kopi panas, teh panas, atau minuman panas lainnya berisiko dua kali lebih besar terkena kanker tenggorokan ketimbang mereka yang terbiasa mengonsumsi minuman dingin,” ungkap profesor epidemiologi di University of Southern California, Mariana Stern, Ph.D.

Minuman Panas Berpotensi Jadi Penyebab Kanker!

Sementara itu, dijelaskan badan internasional untuk riset kanker, minuman yang dapat jadi penyebab kanker tenggorokan pada dasarnya adalah minuman yang dikonsumsi di atas suhu 65 derajat celcius. Kesimpulan tersebut diperoleh dari studi yang dilakukan di Iran, China, dan Amerika Selatan, di mana teh dan kopi seringkali disajikan pada suhu 70 derajat celcius atau lebih.

 

Baca juga: Studi: Cium Aroma Kentut Ampuh Cegah Kanker!

“Yang perlu Anda ingat, kanker tenggorokan sejatinya bukan disebabkan oleh minuman tertentu, melainkan karena suhu dari air yang disajikan sendiri,” terang direktur International Agency for Research on Cancer, Dr. Christopher Wild.

Gimana, sudah paham kan? Intinya, bukan jenis minumannya yang berbahaya jadi penyebab kanker, tapi suhu panas yang ada dalam minumannya.

(Visited 1,223 times, 1 visits today)