Studi: Nilai Gizi Dalam Susu Kecoa Lebih Besar dari Susu Sapi!

0
0

Susu kecoa diklaim punya nilai gizi empat kali lebih besar dari susu sapi

Sebagian besar dari kita mungkin akan merasa jijik ketika mendengar atau melihat kecoa. Namun, di balik bentuknya yang menjijikkan tersebut, hewan itu ternyata punya keunggulan yang luar biasa. Tak percaya?

Menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal International Union of Crystallography, kecoa punya cairan di dalam tubuhnya yang mirip dengan susu. Kata para ilmuwan, ekstrak cairan tersebut sangat kaya akan protein, lemak, dan gula.

Susu kecoa diklaim punya nilai gizi yang tinggi.
Susu kecoa diklaim punya nilai gizi yang tinggi.

 

“Secara teknis, yang diekstrak tersebut adalah kristal cair dari perut kecoa. Jadi, itu bukanlah susu yang seperti biasa kita minum sehari-hari,” ujar direktur sekolah di  Fernbank Museum of Natural History, Becky Facer.

Ditambahkan Leonard Chavas, salah satu ilmuwan di balik penelitian tersebut, protein dan zat lain yang terdapat dalam perut kecoa pada dasarnya masih berupa embrio. “Meski begitu, susu kecoa sejatinya memiliki nilai gizi empat kali lebih besar ketimbang susu sapi,” jelasnya.

Hingga kini, para peneliti masih terus berusaha untuk mengolah cairan dalam perut kecoa tersebut di laboratorium. Jadi, jangan sekali-kali nekat mengonsumsinya langsung dari kecoa yang masih hidup ya, guys!

Chavas juga menuturkan bahwa ia dan timnya berharap agar susu kecoa bisa segera dinikmati oleh orang banyak. Kata dia,”Untuk saat ini, kami masih mencoba memahami bagaimana mekanisme biologis dan kimia yang tepat untuk mendasari proses. Setelah itu, barulah kita membawanya ke produksi massal.”

Lantas, yang jadi pertanyaan, seperti apa ya kira-kira rasa susu kecoa tersebut?

Diungkapkan Chavas, setelah melakukan riset, ia sempat mencicipi cairan itu hanya sekali saja. “Tidak ada rasa tertentu. Saat itu, saya hanya membayangkan bisa mengonsumsinya dengan rasa madu atau buah,” pungkasnya seperti dilansir CNN.

Baca juga: 5 Khasiat Hebat Susu Unta Bagi Kesehatan

 

Seperti yang kita tahu, kecoa merupakan salah satu spesies yang tergolong unik. Ia bisa hidup tanpa kepala selama berhari-hari. Tak hanya itu, yang lebih mengejutkan, hewan tersebut masih bisa hidup meski terkena radiasi nuklir. Wow!

Gimana, jika nantinya susu kecoa diproduksi massal, apakah Anda tertatik mengonsumsinya?

(Visited 930 times, 1 visits today)