Meski Kurma Punya Banyak Manfaat, Kalau Dikonsumsi Berlebihan Tetap Saja Punya Dampak Buruk Bagi Kesehatan!

0
2

Berhati-hatilah bagi Anda yang doyan menyantap kurma! Meski sudah banyak riset yang menyebutkan manfaat hebat dari buah tersebut, namun tetap saja kurma memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Langsung saja, berikut sederet efek samping kurma seperti dilansir livestrong.com.

img_73301

Kenaikan berat badan

Kalori yang tersemat dalam kurma cukup tinggi. Sebut saja pada kurma Medjool. Menurut sejumlah ahli, kurma jenis tersebut memiliki 111 kalori meskipun dalam porsi kecil. Jika dikonsumsi secara berlebihan, akan terjadi penumpukan kalori yang pada akhirnya berujung pada kenaikan berat badan.

Penyakit jantung

Tingginya kadar gula dalam kurma juga berpotensi besar menimbulkan sejumlah penyakit menyeramkan. Beberapa di antaranya sebut saja diabetes tipe-2, penyakit jantung, bahkan obesitas.

Sebabkan masalah pencernaan

Demi kelancaran sistem pencernaan, seseorang memang dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan kaya serat, salah satunya adalah kurma. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa melahapnya sesuka hati. Perlu Anda tahu, kurma mengandung serat yang cukup tinggi, yang mana bila dikonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti kelebihan gas, sembelit, bahkan kembung.

Baca juga: Sering Susah BAB? Nggak Usah Dibikin Berabe Coba Minum Air Kurma

Picu diare

Rasa manis kurma berasal dari fruktosa yang merupakan gula alami. Nah, bagi orang yang kesulitan mencerna gula, terlalu banyak mengonsumsi kurma dapat memicu sejumlah penyakit semisal sakit perut hingga diare.

Intinya, konsumsilah kurma dalam batas wajar!

(Visited 449 times, 1 visits today)