Timbangan Naik Terus Meski Puasa Tak Pernah ‘Bolong’? Ini Penyebabnya!

0
5

Saat menjalani ibadah puasa, tubuh tak menerima asupan apapun kurang-lebih selama 14 jam setiap hari. Artinya, berat badan seharusnya menurun atau setidaknya stabil selama bulan penuh rahmat tersebut. Kendati demikian, fakta di lapangan berkata lain. Ada sejumlah orang yang berat badannya justru bertambah meski puasanya tak pernah ‘bolong’. Kira-kira, apa ya penyebabnya?

weight-scale-help

 

Balas dendam saat berbuka

Waktu berbuka kerap dijadikan ajang balas dendam saat berpuasa. Balas dendam di sini maksudnya langsung makan banyak tak lama usai adzan maghrib berkumandang. Makanan yang disantap pun biasanya yang berkalori tinggi, seperti kolak santan, es campur, atau gorengan. Jika Anda termasuk orang yang punya kebiasaan seperti itu, jangan heran bila berat badan akan naik meski puasa sudah rutin.

Makan dengan porsi lebih banyak

Menurut riset, ada orang yang nafsu makannya meningkat saat berpuasa. Alhasil, porsi makannya akan lebih banyak saat berbuka hingga sahur. Ini juga jadi pemicu timbangan naik meski puasa tak pernah ‘bolong’. Pada prinsipnya, orang akan jadi gemuk apabila makanan yang dikonsumsi lebih banyak ketimbang makanan yang diolah jadi tenaga.

Konsumsi minuman bersoda

Jika tak ingin berat badan naik saat bulan puasa, hindarilah konsumsi minuman bersoda saat berbuka maupun sahur. Perlu Anda tahu, minuman  bersoda sarat akan gula yang berpotensi besar menyebabkan kadar gula darah naik bahkan obesitas.

Tak melakukan  aktivitas fisik

Banyak orang malas melakukan aktivitas fisik ketika berpuasa. Jam tidur pun biasanya juga bertambah, terutama di siang hari. Diungkapkan periset, hal tersebut pada dasarnya bisa memicu kenaikan berat badan selama bulan puasa. Untuk menghindari terjadinya hal itu, tetaplah lakukan olahraga ringan menjelang waktu berbuka.

Baca juga: 10 Meme Kocak Ini Dijamin Bikin Puasamu Lebih Ceria!

Perubahan metabolisme tubuh

Penyebab naiknya berat badan meski sudah puasa yang terakhir adalah karena berubahnya metabolisme tubuh. Kata periset,  kebutuhan energi untuk kebutuhan basal tubuh akan menurun saat seseorang berpuasa. Akibatnya, timbangan bakal tetap naik meskipun sudah berpuasa secara rutin.

Semoga bermanfaat!

 

Berbagai sumber

(Visited 761 times, 1 visits today)