Ini 5 Spot Wisata di Boyolali New Zealand van Java yang Paling Indah..

0
8
boyolali

Seperti yang kita ketahui, Boyolali merupakan kota produsen susu terbesar di pulau Jawa. Ini 5 Spot Wisata di Boyolali New Zealand van Java yang Paling Indah..

Jika Yogyakarta adalah provinsi disebelah selatan Gunung Merapi, maka Boyolali adalah Kabupaten yang letaknya tepat disebelah utara Gunung Merapi. Letaknya yang dekat dengan lereng Merapi ini membuat Kabupaten Boyolali memiliki tanah yang subur, sehingga tak heran jika banyak ditemukan lahan pertanian serta perkebunan seperti tembakau, kopi, teh dan jarak.

Tak hanya potensi perkebunan, Boyolali juga terkenal akan peternakan sapinya yang membuatnya menjadi penghasil susu segar terbesar di Jawa Tengah. Bahkan di Boyolali sudah terdapat pabrik-pabrik pengolahan susu. Maka jangan heran jika kota ini disebut sebagai Kota Susu, atau New Zealand van Java.

Namun selain susu, adakah tempat-tempat wisata yang layak dikunjungi di Kota Susu ini? Yuk kita simak..

1. Tracking Gunung Merbabu

Anda pasti sudah tahu bahwa Kota Boyolali terletak di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang memiliki pemandangan sangat indah dan memesona. Bagi Anda yang suka dengan obyek wisata alam, anda dapat melakukan pendakian gunung merbabu melalui Kota Boyolali. Jalur pendakian lewat boyolali ini sangat cocok dan enak untuk ditempuh khususnya bagi “Pendaki Pemula”.

Lasem, Situs Wisata ‘Tiongkok Kecil’ di Tanah Jawa

2. New Selo

Selo merupakan daerah yang terletak di bagian paling barat Kabupaten Boyolali. Karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Merapi dan Merbabu, maka jangan heran jika tanah di kawasan ini sangatlah subur. Di kecamatan ini ada sebuah Agrowisata. Jangan lewatkan menikmati sensasi panen sayuran segar langsung dari kebunnya. Di kawasan ini juga terdapat wisata sejarah, yaitu Makam Ki Hajar Saloka sang pendiri Selo, serta Petilasan Kebo Kanigiro.

3. Candi Lawang

Candi ini terleteak di Dusun Gedangan, Kecamatan Cepogo,  Kabupaten Boyolali. Masih satu kecamatan dengan Agrowisata Sapi Perah. Anda nggak bakal menemukan satu relief pun dalam dinding-dinding batu di candi ini. Sebagai gantinya, Anda akan disuguhi berbagai ornamen yang terukir diatas bebatuan ini. Meskipun terlihat cantik, sayangnya candi ini belum sepenuhnya selesai direnovasi.

4. Umbul Pengging

Pengging, merupakan daerah yang terletak sekitar 15 KM disebelah timur Kota Boyolali. Kawasan ini juga merupakan kawasan bersejarah bagi Kabupaten Boyolali, karena masih ada hubungan dengan Kerajaan Surakarta Hadiningrat.  Tak heran jika Anda bakal menemukan banyak bangunan kuno di kawasan ini, seperti di Umbul Pengging. Umbul, yang dalam bahasa Indonesia berarti mata air yang digunakan sebagai pemandian. Airnya yang jernih serta suasana yang tenteram, ditambah dengan bangunan klasik yang berdiri membuat pemandian ini hampir selalu ramai dikunjungi warga Boyolali.

Yuk… Ungkap Rahasia Bercinta Kuno dari Tanah Jawa!

5. Air Terjun Kedung Kayang

Kawasan air terjun ini terletak di dalam dua kabupaten berbeda, yaitu Boyolali dan Magelang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan terletak di kawasan pedesaan, jadi jangan kaget jika untuk mencapai air terjun ini kamu memerlukan perjuangan cukup keras. Karena letaknya yang terpencil jualah yang membuat air terjun ini belum terjamah tangan eksploitasi manusia.

(Visited 481 times, 1 visits today)