Ini Trik Membuat CV Yang Menarik Jika Ingin Diterima Kerja di Perusahaan Besar

0
1
membuat CV

Jaman sekarang memang agak sulit mencari pekerjaan yang tepat dan sesuai keinginan. Terlebih jika tidak memiliki keahlian khusus. Sebagai perbandingan, CV yang masuk di E-commerce Tokopedia adalah 1800.

Namun yang bisa lolos dan diterima bekerja hanya satu orang saja. Untuk itu, Sahabat Fimela harus lebih cermat ketika membuat CV atau Curriculum Vitae ketika hendak melamar kerja.

Menurut Destiny Priandari selaku Recruitment & Employer Brand Specialist Tokopedia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat CV. Apa saja?

1. Letakkan informasi penting pada halaman pertama

Informasi penting, seperti pengalaman kerja tidak seharusnya ada di halaman kedua bahkan halaman paling belakang pada CV. Pengalaman kerja menjadi hal yang paling diperhatikan oleh perusahaan. Tim rekrutmen lebih suka dengan CV yang padat informasi di halaman pertama. Bagi fresh graduate, disarankan untuk meletakkan pengalaman organisasi, magang, atau proyek di luar kampus pada halaman pertama CV.

2. Sesuaikan CV dengan budaya perusahaan

Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda. Sahabat Fimela harus kenali dulu seperti apa budaya perusahaan yang dituju. Pilih desain CV yang terlihat profesional dan simple. Jangan sampai desain CV justru menutupi informasi yang ingin disampaikan.

Kemudian untuk foto, ikuti sesuai ketentuan di perusahaan. Entah itu dari segi background, ukuran, posisi foto, dan lain sebagainya. Ini akan menambah peluang untuk diterima bekerja.

3. Jangan asal ambil dari Google

Banyak format desain CV yang bisa didapat dengan mudah melalui Google. Namun kembali lagi, sesuaikan format desain ini dengan kebutuhan perusahaan. Jika belum memiliki pengalaman kerja atau penghargaan, jangan dipaksakan untuk mengisinya.

4. Jangan lupa tuliskan informasi diri dan kontak

Rupanya tidak jarang banyak pelamar yang lupa mencantumkan kontak dan menjelaskan siapa dirinya. Ini akan menyulitkan perusahaan untuk mengontak pelamar apabila ia lolos atau diterima bekerja. Sahabat Fimela perlu mencantumkan email atau nomor telepon. Jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi seperti jenjang pendidikan sejak SMA hingga pendidikan terakhir.

(Visited 3,749 times, 1 visits today)