Inilah Beberapa Hal Yang Dapat Membuat Kalian Tidak Terjangkit Virus Corona

0
5

Infeksi virus Corona yang disebut COVID-19 ini pertama kali terjadi di kota Wuhan, China dan sekarang telah ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta. Virus bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin dan sentuhan tubuh.

Ketika terinfeksi virus Corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi pada paru-paru.

Oleh karena itu, senantiasalah kalian melakukan tindakan pencegahan. Dengan menjaga kesehatan tubuh kalian dapat terhindar dari virus ini.

Simak! Beberapa cara yang dapat menjauhkan dan mencegah penyebaran virus corona.

  1. Mencuci tangan

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih.

Selain itu, gunakanlah produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar kamu bisa lebih efektif membasmi kuman. Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin.

  1. Menggunakan Masker

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan virus Corona, yaitu masker bedah dan masker N95.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus Corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Bila perlu, Anda juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter.

  1. Jangan menyentuh permukaan di tempat umum

Sebisa mungkin hindari menyentuh permukaan di tempat umum seperti tombol lift, pegangan pintu, dan berjabat tangan dengan orang. Untuk melakukannya, gunakan tisu atau lengan baju jika Anda harus menyentuh sesuatu. Setelah menyentuh permukaan di tempat umum, pastikan cuci tangan dan menggunakan  hand sanitizer.

  1. Hindari Keramaian

Risiko terkena virus pernapasan seperti COVID-19 dapat meningkat penyebaran virus corona. Dengan bersentuhan langsung dengan tubuh dapat mempercepat penyebarannya. Jadi, hindari berpergian ketempat yang ramai, dan sebaiknya memperbanyak istirahat dirumah.

(Visited 2,917 times, 1 visits today)