Saatnya Weekend Getaway ke Bogor: Jalan, Makan, Jajan!

0
3

Masih bingung ingin habiskan waktu weekend ini? Saatnya Weekend Getaway ke Bogor: Jalan, Makan, Jajan!

Ini rekomendasi buat Anda yang nggak betah di rumah saat akhir pekan, doyan makan, serta masih peduli pada alam dan kelestarian budaya nusantara. Bergeserlah sedikit dari ibukota, kami sajikan sejumlah titik wajib mampir di kawasan ‘Kota Hujan’ untuk mengisi akhir pekan agar tak berlalu tanpa kesan.

 

Curug Putri Kencana

Location: Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor
Access: Keluar pintu tol Sentul Selatan, lanjut ke arah Jungle Land, letaknya sebelum Gunung Pancar.
Why: Air terjun, atau dalam bahasa daerah setempat disebut curug, ini memang bukan satu-satunya yang indah di kawasan ini. Tak jauh dari lokasi, ada Curug Bidadari, Curug Barong, dan Leuwi Hejo yang tak kalah asri dan perlu Anda singgahi. Ketiganya masih segaris dengan aliran Sungai Sadon yang cukup deras dan berbatu. Karena berhulu di pegunungan yang tidak berpenghuni, air sungai di sini masih sangat bersih dan sejuk. Sebelum sampai lokasi, Anda akan melewati perkebunan kopi, ladang terbuka, hutan bambu, serta hamparan sawah dalam belahan terasering.

Rumah Sumsum

Location: Jl. Lawang Gintung No. 21, Bogor Selatan
Access: Tak sulit menemukan Rumah Sumsum, cari saja rumah makan berwarna hijau terang yang sangat mencolok, sekira 200 meter sebelum Istana Batu Tulis.
Why: Sesuai namanya, rumah makan ini menyediakan aneka masakan berbahan dasar sumsum. Mulai dari sup, sate, bakso, nasi bakar, dan masih banyak olahan lainnya. Selain lezat, sumsum tulang sapi ini juga banyak manfaatnya, antara lain mencegah dan mengobati osteoporosis, meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh, memelihara tulang dan gigi, serta meningkatkan fungsi otak. Hmm.. Tunggu apa lagi?

Gong Factory

Location: Jl. Pulo Empang No. 26, Bogor Barat
Access: Tidak jauh dari Bogor Trade Mall dan Tanjakan Empang Raya, setelah tikungan pertama, posisi Gong Factory ada di sebelah kanan jalan.
Why: Berdiri sejak zaman kolonial, pabrik pembuat gong tradisional jadi satu-satunya yang tertua dan masih dilestarikan hingga generasi ke-enam. Uniknya, tak cuma sang pemilik, para pekerjanya pun turun-temurun. Menurut pemiliknya, H. Sukarna (91), orderan gong dan sejumlah rangkaian gamelan masih terus berdatangan dari berbagai daerah. Dikerjakan oleh sekitar 18 pekerja, proses pembuatan satu set gong dan gamelan bisa memakan waktu dua sampai tiga minggu.

De Cafe Rooftop Garden, Tempat Nongkrong di Bogor Paling Hits!

Soto Kuning Pa’ Salam

Location: Jl. Siliwangi No. 298, Bogor Timur
Access: Dari Tugu Kujang arahkan kemudi ke kiri menuju Jl. Jalak Harupat. Lalu berbeloklah setelah mendapati perempatan Surya kencana – Gg. Aut. Di jalan satu arah ini, posisi warung tenda Pa’ Salam ada di sebelah kiri jalan.
Why: Sore-sore, hujan, dingin dan lapar? Mampir ke sini adalah solusi paling tepat. Sajian soto kuning Bogor racikan Pak Salam yang telah ada sejak tahun 1986 ini punya citarasa tinggi yang kabarnya tak berubah sejak tiga dekade lalu. Memasuki tendanya, Anda diberi kebebasan memilih sendiri menu isinya, seperti daging sapi, lidah, paru, limpa, usus, babat, kikil, sebelum akhirnya mangkuk berisi irisan jeroan pilihan Anda diguyur kuah santan kuning dengan harum rempah yang khas.

Well guys.. okey dong rekomen dari POPULAR buat habiskan weekend kalian di Bogor. Oh iya, tetap jaga kesehatan ya soalnya masih musim hujan nih, jangan sampai kalian masuk angin, xixixi…

Teks by: Karina TH      Editor: Fariz

(Visited 887 times, 1 visits today)