Kini SoundCloud Membantu Mendistribusikan Musik ke Platform Streaming

0
60
soundcloud

Untuk bisa memenuhi syarat, pengguna harus ada akun SoundCloud Pro atau Pro Unlimited, kemudian mempunyai lagu dan musik asli yang tidak memiliki hak cipta.

Dalam press release dikatakan bahwa para artis atau musisi yang menggunakan fitur distribusi SoundCloud Premier dapat menjaga 100% hak mereka, mempertahankan royalti mereka dari layanan pihak ketiga, dan juga tidak perlu membayar biaya distribusi. Untuk distribusi layanan streaming sudah tersedia dalam versi beta untuk semua pelanggan SoundCloud Pro.

SoundCloud Premier memungkinkan pengguna Pro atau Pro Unlimited untuk mendistribusikan musiknya ke platform lain yang bukan SoundCloud. Outlet utama yang dapat dipilih antara lain Apple Music, Deezer, Spotify, Amazon Music Unlimited, YouTube Music, Facebook, Instagram, Google Play Store, Radio iHeart, iTunes, Pandora, Spotify, Tidal, dan Napster.

Meskipun distribusi ditawarkan sebagai bagian dari program SoundCloud Premier, tentu ini tidak menjadikannya sebagai layanan gratis. Harga SoundCloud Pro sekitar $ 72 per tahun, dan hanya memungkinkan Anda untuk mendistribusikan satu rilis saja. Lalu untuk harga Pro Unlimited sekitar $ 144 per tahun, dan memungkinkan Anda untuk mendistribusikannya tanpa batas.

Distribusi Premier akan tersedia dalam versi beta tanpa adanya biaya tambahan untuk pelanggan Pro dan Pro Unlimited yang telah memenuhi syarat sehingga akan dapat mengunggah, menguangkan, dan menerbitkan lagu sendiri ke semua platform streaming lain dari dalam SoundCloud.

soundcloud

Syaratnya adalah harus mengendalikan semua musik Anda, tidak memiliki hak cipta ketika mendaftar, berusia 18 tahun, dan memiliki setidaknya 1.000 kali play selama sebulan terakhir di negara-negara di mana ada pendengar aktif tempat SoundCloud dapat menghasilkan uang. SoundCloud tidak akan memotong penghasilan Anda dari platform lain.

Siap-siap! Pengguna Tinder Bisa Berbagi Musik Dari Spotify

Musisi harus menjaga semua hak atas karya mereka, pemeriksaan verifikasi pun juga akan dilakukan. Karya klasik, podcast, audio book tidak memenuhi syarat tersebut. Jika Anda mencoba untuk mendistribusikan remix, mashup, set DJ, atau musik yang tidak Anda miliki haknya, ini semua akan dihapus oleh SoundCloud dan Anda tidak akan lagi mempunyai akses ke program Premier.

Lagu milik Anda harus dikirim dalam format WAV atau FLAC, ada pula formulir yang perlu diisi untuk mengidentifikasi informasi seperti judul lagu, nama artis yang menyanyikan, genre, dan sampul album. Anda kemudian dapat mengirimkannya untuk pendistribusian. SoundCloud akan memberi perkiraan tanggal mengenai kapan materi musik Anda akan ditayangkan di platform yang sudah dipilih. SoundCloud mengatakan, pengguna yang telah memenuhi syarat untuk bisa mendistribusikan musiknya, akan diberitahu melalui email.

Duh… Merdunya Suara Diora Dior Nyanyiin Lagu “Janjimu Gak Ori”

Jika Anda memang sudah memenuhi semua kriteria tersebut, Anda akan melihat tombol Share It di Track Manager Anda, setelah Anda menambahkan semua metadata yang diperlukan, Anda dapat memilih layanan musik yang ingin Anda tampilkan. Lalu, Anda dapat meminta platform tersebut untuk menyediakan musik Anda sesegera mungkin atau menjadwalkan tanggal rilis setidaknya dua minggu sebelumnya.

Diperlukan beberapa saat untuk layanan streaming dapat memvalidasi musik Anda. Distribusi lintas platform tampaknya menjadi sesuatu yang menarik dan sedang berkembang pada perusahaan streaming musik. Cara ini dapat memungkinkan musisi indie untuk mengunggah musik mereka langsung ke platformnya.

(Visited 527 times, 1 visits today)