Lupa Makan Sahur? Pakai 5 Cara Ini Agar Puasa Tetap Segar Bugar

0
3
Makan Sahur

Gara-gara begadang semalaman, Anda mungkin terlambat bangun untuk santap sahur. Lupa Makan Sahur? Pakai 5 Cara Ini Agar Puasa Tetap Segar Bugar

Gara-gara begadang semalaman, Anda mungkin terlambat bangun untuk sahur pagi. Namun, bukan berarti Anda tak bisa melanjutkan ibadah puasa hari itu. Menurut para ahli, masih ada banyak cara untuk menjaga semangat Anda seharian ketika Anda lupa makan sahur.

Nah, berikut 5 caranya agar puasa tetap segar bugar meski tak santap sahur:

1. Mandi Air Dingin

Sebuah penelitian di Inggris dalam jurnal Behavioral and Brain Function melaporkan bahwa mandi air dingin selama tiga menit saja mampu melawan rasa lemas dan lesu. Tenang, Anda tak perlu mandi pakai air es, kok. Air dengan suhu kira-kira 20 derajat Celsius saja sudah cukup untuk membuat badan dan pikiran jadi lebih segar. Bila Anda mulai merasa lesu di siang atau sore hari, cucilah wajah Anda dengan air dingin.

2. Selingi Pekerjaan dengan Aktivitas Fisik

Semangat Anda akan cepat hilang kalau Anda melakukan pekerjaan yang itu-itu saja selama berjam-jam tanpa selingan. Jadi setelah bekerja di depan layar komputer selama satu setengah jam misalnya, selingi dengan aktivitas fisik ringan seperti jalan-jalan di sekitar meja atau gedung kantor Anda.

Bisa Dilakukan Meski Lagi Puasa. Ini 4 Manfaat dari Jalan Kaki…

3. Usahakan Tidur Siang

Bila Anda beraktivitas cukup berat meski saat subuh lupa makan sahur, Anda bisa mengembalikan energi dan tingkat konsentrasi dengan tidur siang sebentar saja. Para ahli mengingatkan untuk tidak tidur siang lebih dari 25 menit. Lewat dari itu, jam biologis tubuh malah jadi kacau sehingga Anda tambah lesu. Kali ini jangan lupa pasang alarm supaya tidak kebablasan tidur lagi, ya!

4. Mendengarkan Musik

Di siang dan sore hari, perut Anda mungkin sudah keroncongan dan Anda merasa sangat kelaparan. Untuk mengusir rasa lapar, dengarkan lagu kesukaan Anda dan jangan lupa ikut bernyanyi. Penelitian dalam Journal of Music Therapy menunjukkan kalau musik membantu pikiran jadi lebih awas dan segar serta membuat tubuh lebih bertenaga.

5. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Di jam-jam yang rawan rasa lapar, usahakan untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai. Maka, aturlah hari Anda supaya strategis. Misalnya pada jam dua siang Anda menjadwalkan meeting dengan rekan-rekan kerja. Maka, di jam itu Anda tak perlu duduk bermalas-malasan di depan layar komputer sambil membayangkan menu buka puasa yang menggoyang lidah. Kuncinya adalah mengalihkan perhatian!

(Visited 473 times, 1 visits today)