Benarkah Perbedaan Jenis Alkohol Bisa Mengeluarkan Mood yang Berbeda-Beda?

0
6
Benarkah Perbedaan Jenis Alkohol Bisa Mengeluarkan Mood yang Berbeda-Beda?

Pernahkah kamu menyaksikan seorang rekan yang tiba-tiba menangis atau tertawa saat sedang dalam keadaan mabuk sehabis menenggak alkohol? Ternyata, jenis alkohol yang berbeda menghadirkan kondisi mental yang berbeda pada setiap orang!

 

Ada sebuah kepercayaan menyatakan demikian, bahwa perbedaan minuman alkohol mengantarkan orang yang mengonsumsinya pada kondisi kemabukan yang berbeda. Ada yang mengaku bahwa ketika mereka mengonsumsi tequila, mereka menjadi lebih liar dan percaya diri.

Ketika mengonsumsi wine merah, seseorang menjadi sedih karena teringat kisah kasihnya dan kembali menghubungi mantannya. Bahkan lebih parah lagi, ada yang memulai perkelahian di diskotik gara-gara menenggak whiskey.

Namun, paradigma seperti ini tidaklah benar secara ilmiah. Para peneliti belum menemukan perbedaan yang berarti dari tiap-tiap jenis minuman, dalam konteks mempengaruhi mood. Rasanya memang berbeda, kadar alkohol yang dikandung juga berbeda, namun untuk ketika membahas perilaku saat mabuk karena minuman beralkohol, semuanya terjadi karena apa yang kita pikirkan di saat itu.

Heineken Siap Hadirkan Sosok Bartender Terbaik Dunia…

Uji Coba Minuman Beralkohol pada Tikus!

Dalam sebuah penelitian ilmiah, para peneliti menyuntikan berbagai jenis minuman beralkohol yang berbeda pada tikus laboratorium, dan setiap minuman yang disuntikan memiliki kadar alkohol yang sama. Setiap tikus menjadi mabuk seperti manusia, akan tetapi tidak ada tikus yang bertingkah berbeda dari satu sama lainnya.

Penelitian lain menemukan, ada atau tidaknya jejak kimia yang disebut congeners, yang ada pada beberapa jenis minuman. Congeners dipercaya sebagai penyebab kondisi mood saat mabuk.

Seger! 5 Cewek Cantik Ini Bikin Mata Cerah via Film Bursa Saham

Orang – orang yang diberikan vodka atau bourbon yang memiliki kadar congeners yang sama. Bourbon membuat orang – orang yang mengonsumsinya lebih mabuk, akan tetapi para peneliti telah meningkatkan kadar dari congeners.

 

Source: Berbagai Sumber

(Visited 170 times, 1 visits today)