Inilah 5 Langkah Tepat Ambil Keputusan Besar Seorang Pemimpin Hebat!

0
2

Membuat keputusan besar tidaklah mudah. Anda perlu strategi khusus agar tak buru-buru dan berujung keliru dalam menentukan langkah.

 

Bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat dan jug bijaksana serta bertanggung jawab? Disamping pengambilan keputusan bukan perkara yang mudah, ada beberapa hal yang bisa bikin Anda salah memilih. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan lima teknik ini agar keputusan yang Anda ambil tepat.

stres dan frustasi saat bekerja

1. Jangan objektif

Saat dihadapkan pada dua atau banyak pilihan yang kompleks dan abstrak, jangan tergoda untuk membandingkannya secara objektif. Itu semua hanya akan bikin Anda makin bingung. Berhenti dan tinggalkan kebiasaan buruk yang biasa Anda lakukan berulang kali itu.

Berpikirlah lebih umum dan menyeluruh pada masing-masing pilihan. Maka, Anda akan menyadari jika secara objektif sebuah pilihan tidak akan lebih baik daripada yang lainnya.

2. Kurangi opsi

Ini sangat penting untuk menggali lebih dalam apa yang paling Anda minati. Namun terlalu banyak informasi hanya akan mengacaukan proses pengambilan keputusan Anda. Coba seleksi lagi faktor-faktor yang hanya menambah beban pertimbangan Anda selama ini.

Lalu fokuslah pada poin penting dan gambaran besar pada setiap pilihan yang ada. Dengan demikian Anda akan lebih mudah menentukan keputusan yang akan Anda ambil.

Ini Tipsnya Agar Tetap Fit Bekerja di Musim Hujan!

3. Anda ingin jadi seperti apa?

Daripada terlalu memikirkan apa yang akan Anda perbuat, lebih baik pikirkan akan jadi siapa Anda nanti. Gambarkan bagaimana perubahan identitas Anda setelah keputusan dibuat. Apakah Anda tipe orang yang bekerja untuk perusahaan biasa, ataupun pengusaha berpenampilan rapi setiap harinya?

Sebab setiap keputusan yang Anda ambil akan membangun identitas Anda. Jadi pakailah strategi tersebut untuk mempermudah Anda dalam mengambil keputusan.

4. Dengarkan, tapi jangan terpengaruh

Bicarakan pada kawan, keluarga, dan rekan kerja Anda. Mereka bisa saja memberikan perspektif baru atau detail-detail lainnya yang tidak Anda pertimbangkan sebelumnya. Dengarkan pendapat mereka, namun jangan terpengaruh dengan arahan mereka. Dari perbincangan tersebut, biasanya Anda akan menemukan arah putusan Anda yang sebenarnya.

Sssttt… Mau Naik Jabatan? Cobain 3 Makanan ini Deh!

5. Gunakan nyali

Jika semua hal di atas masih belum juga membantu Anda membuat keputusan, kembalilah pada cara lama, yakni dengarkan intuisi dan nyali Anda. Sisihkan 30 detik untuk mempersilakan nyali Anda membantu Anda, lalu buatlah keputusan dan hadapi setiap konsekuensinya.

(Visited 65 times, 1 visits today)