Punya Masalah dengan Daya Ingat? Makanan Ini Solusinya…

0
2
daya ingat

Saat ini banyak restoran yang menyajikan makanan olahan berbahan dasar jamur. Punya Masalah dengan Daya Ingat? Makanan Ini Solusinya…

Ya, di tangan kreatif, jamur bisa disulap menjadi bahan makanan kekinian yang memiliki citarasa tinggi. Sebagaimana diketahui jamur memiliki rasa dan tekstur yang unik saat dikonsumsi.

Selain nikmat, para peneliti di Singapura menemukan bahwa mengonsumsi jamur lebih dari dua kali per minggu dapat membantu mencegah masalah memori dan bahasa di hari tua. Penelitian tersebut diterbitkan oleh National University of Singapore dalam Journal of Alzheimer’s Disease.

Kabarnya ada antioksidan unik yang terdapat dalam jamur yang membantu melindungi fungsi otak tertentu. Para peneliti mengamati 663 orang dewasa Tionghoa berusia di atas 60 tahun yang diet dengan gaya hidup dan dilacak dari 2011 hingga 2017.

Minum Segelas Teh Hangat di Siang Hari, Mampu Menambah Daya Ingat?

Dalam penelitian ini, para peserta ditanya seberapa sering mereka makan enam jenis jamur. Di antaranya adalah jamur tiram, shiitake, kancing putih, kering, emas dan kaleng. Temuan menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari dua porsi jamur per minggu dapat menurunkan gangguan kognitif ringan (MCI) sebesar 50% dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit mengonsumsi jamur.

MCI adalah suatu kondisi yang dapat membuat orang menjadi pelupa, memengaruhi ingatan mereka dan menyebabkan masalah dengan bahasa, perhatian dan menemukan objek di ruang. Perubahan perilaku dapat menjadi halus dan tidak cukup serius untuk didefinisikan sebagai demensia.

Sebagaimana dilansir Next Shark, peserta yang makan lebih banyak jamur ternyata memiliki kinerja yang lebih baik dalam berpikir dan memproses ujian. Keuntungannya dilaporkan lebih jelas pada mereka yang makan lebih dari dua porsi seminggu atau lebih dari 300 gram.

Namun para ilmuwan menunjukkan bahwa mereka belum membangun hubungan langsung antara jamur dan fungsi otak. Para peneliti dan penulis studi, Lei Feng, juga mengakui bahwa karena penelitian ini, informasi yang dilaporkan membutuhkan studi lebih lanjut.

Sebagaimana diketahui, jamur adalah salah satu sumber makanan yang mengandung banyak ergothioneine atau zat antioksidan dan anti-inflamasi yang tidak dapat dibuat oleh manusia. Nutrisi dan mineral penting lainnya seperti vitamin D, selenium dan spermidine yang melindungi neuron dari kerusakan juga terdapat pada jamur.

(Visited 152 times, 1 visits today)