Sedang Ramai Mengenai Unicorn, Berikut Penjelasan dan Perbedaannya

0
5

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan Calon Presiden Nomor Urut 01 melontarkan pertanyaan kepada Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto tentang unicorn.

“Infrastruktur apa yang akan bapak bangun untuk dukung pengembangan unicorn-unicorn di Indonesia?” tanya Jokowi kepada Prabowo dalam debat kedua yang diselenggarakan KPU di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019).

Prabowo sempat bertanya balik justru. “Yang bapak masuk unicorn? unicorn? yang apa itu online-online itu?” tanya Prabowo.

Sebetulnya apa arti unicorn itu?

Beberapa literatur sampai lembaga riset internasional menuliskan unicorn adalah sebuah perusahaan startup yang memiliki valuasi nilai hingga US$ 1 miliar.

Valuasi startup sendiri adalah nilai ekonomi dari bisnis yang dilakukan sebuah startup.

CB Insight menuliskan riset pada Januari 2019, saat ini sudah ada 300 unicorn di seluruh dunia. Kemudian, yang lebih tinggi kastanya adalah decacorn di mana bervaluasi US$ 10 miliar. Adapun hectocorn bernilai US$ 100 miliar.

  • Unicorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 1 miliar
  • Decacorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 10 miliar
  • Hectocorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 100 miliar

Masih Ada yang Belum Tahu, Apa Itu “Unicorn” dalam Dunia Startup?

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pernah menyampaikan, di tahun 2019 ini pemerintah menargetkan akan ada lima startup unicorn di Indonesia.

Indonesia saat ini, berdasarkan beberapa riset yang disebut Presiden Jokowi, memiliki empat unicorn. 4 unicorn tersebut adalah Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.

Indonesia pun berpotensi memiliki dua decacorn tahun ini. “Potensi (decacorn) dua tetapi setidaknya satu. Saya gak mau sebut namanya,” ujar Rudiantara di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Lalu menurut Wikipedia Indonesia, Unikorn yang bahasa Latin: cornus yang berarti adalah makhluk mitologis yang berwujud kuda dengan sebuah tanduk di dahi. Jika kata cornus dihubungkan dengan kata horn, maka berarti tanduk. Biasanya, bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral. Darah Unikorn merupakan obat yang mujarab, dan mampu membuat hidup abadi. Unikorn adalah hewan (mitologis) nasional Skotlandia.

Pada saat debat semalam Jokowi menyebut ada 7 start’up yang ada di Asia dan 4 yang terbesar ada di Indonesia. Salah satu nama diantara fintech buah karya anak Indonesia yakni Netzme. Meski terbilang baru, Netzme mampu bersaing lewat layanan yang disuguhkannya yang terbilan cukup unik, karena mencoba untuk mengelaborasikan kegemaran masyarakat dengan layanan chatting dan media sosial dengan fintech.

Netzme menyebut dirinya sebagai “social payment app“, yakni aplikasi pembayaran yang memungkinkan setiap pengguna melakukan berbagai aktivitas transaksi finansial layaknya sedang chatting. Tujuannya ialah membuat pengalaman transaksi perbankan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Dan kini, eksistensi Netzme di tengah-tengah masyarakat pun semakin meningkat. Lewat beragam event yang menarik yang digelar oleh NETZME, aplikasi ini terus menunjukkan keberadaannya.

Nah, Sudah download NETZME? Nah, kalo belum.. langsung aja unduh di Google Playstore dan Apple Store. Dan segera dapatkan kejutan-kejutan menguntungkan serta menarik dari NETZME untuk kalian semua.

(Visited 108 times, 1 visits today)