Seperti Apa Ciri-Ciri Orang yang Perfeksionis? Ini Tanda-Tandanya…

0
29
ciri-ciri orang

Menjadi seorang perfeksionis tidak selalu buruk, namun Anda tetap harus menjalani hidup dengan seimbang. Seperti Apa Ciri-Ciri Orang yang Perfeksionis? Ini Tanda-Tandanya…

Menjadi seseorang yang perfeksionis mungkin bisa memiliki efek positif, namun jika terlalu berlebihan bisa membuat Anda kesulitan. Tidak hanya itu orang-orang terdekat Anda pun mungkin akan merasakan juga dampak negatif dari perfeksionis yang Anda miliki tersebut karena Anda tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah dilakukan.

Anda memang harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, namun bukan berarti Anda harus menjadi begitu terobsesi untuk meraihnya. Nah, berikut adalah lima tanda bahwa Anda adalah seseorang yang perfeksionis.

1. Selalu Pulang Telat dari teman Kantor yang Lainnya

Seorang perfeksionis biasanya lebih sering melakukan lembur dibandingkan rekan kerja yang lain. Mereka mungkin tidak akan bisa meninggalkan pekerjaannya sampai tugas mereka selesai. Dan ini memiliki dampak negatif yang serius terhadap hubungan baik di tempat kerja maupun di rumah, menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Personality and Individual Differences. 

Terlihat Sempurna, Ternyata 5 Penyanyi Seksi Ini Punya Kebiasaan yang Jorok Banget!

2. Menganggap Penilaian itu Sangat Penting

Anda selalu meletakkan seratus persen konsentrasi pada pekerjaan, dan pada akhirnya Anda selalu menyalahkan diri sendiri karena hasil yang kurang maksimal. Anda juga selalu berpikir bahwa Anda bisa melakukannya lebih baik lagi. Sikap ini juga berlaku ketika Anda sedang menghakimi kualitas pekerjaan orang lain dan merasa itu tidak memuaskan bagi Anda.

3. Ketergantungan Makanan Cepat Saji

Menurut Simon Sherry, PhD, asisten profesor psikologi di Dalhousie University di Halifax mengatakan bahwa mereka yang memiliki sikap perfeksionis biasanya lebih memilih makan makanan cepat saji sebagai cara untuk melarikan diri mereka dari kebiasaan mereka yang sangat ketat terhadap tugas sehari-hari.

4. Banyak Orang Menjauhi Anda

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, seseorang yang perfeksionis biasanya memiliki sisi gelap yang membuat orang-orang cenderung menjauhi mereka. Standar tinggi dan sifat kritis mereka dapat membuat mereka cenderung menjadi narsis, antisosial, dan memiliki selera humor yang agresif, kata para peneliti. Sifat-sifat tersebut itulah yang membuat mereka dijauhi orang lain.

5 Tips Fashion Agar Kamu Tampil Lebih Sempurna dihadapan Si Dia…

5. Tidak Pernah Mau Salah atau Gagal

Membuat kesalahan itu manusiawi, namun seorang perfeksionis ingin segalanya terlihat sempurna. Bahkan, kesalahan kecil pun bisa membuat dia kehilangan kendali dan merasa frustrasi. Tak jarang, seorang perfeksionis mengalami perubahan suasana hati yang drastis karena terlalu mudah resah atas kegagalan yang dialaminya. Jika Anda adalah seseorang yang tidak suka gagal atau salah, Anda tentu termasuk perfeksionis.

(Visited 2,908 times, 1 visits today)