Tanda Umum Apabila Latihan Olahraga Tidak Tepat Bagi Tubuh Anda

0
0
olahraga

Apa yang dikatakan tubuh Anda apabila latihan olahraga yang dilakukan selama ini tidak efektif, karena tidak semua latihan cocok untuk kebanyakan orang.

Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Dengan motivasi kebugaran seperti ini, tidak mengherankan bahwa banyak orang berpikir bahwa dengan melalui latihan berolahraga memang benar bisa merasa sakit, terutama setelahnya, tapi itu berarti otot Anda semakin kuat. Ketika Anda terbiasa dengan rutinitas olahraga yang konsisten, bisa saja tubuh Anda tidak bereaksi seperti yang Anda harapkan. Karenanya, mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali jenis latihan yang Anda lakukan.

Tubuh dapat menunjukkan tanda-tanda bahwa latihan tersebut tidak tepat untuk Anda, baik secara mental maupun fisik. Ini dapat membantu Anda memutuskan apakah sudah waktunya untuk mengubah rutinitas latihan Anda, juga untuk menentukan apakah olahraga membuat tubuh Anda menjadi lebih baik atau tidak. Jika Anda baru saja memulai berolahraga, atau memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik, tentu akan ada dampak tertentu yang tidak tepat untuk Anda.

Anda merasakan nyeri otot yang ekstrim

Adalah normal untuk mengalami nyeri otot setelah latihan yang keras atau yang baru saja memulainya. Tapi rasa sakit yang berkepanjangan selama tiga hari bukanlah pertanda baik. Jika Anda selalu merasakan sakit, tubuh mungkin sedang memberitahukan bahwa latihan Anda terlalu intens. Kurangi intensitasnya, dan perbanyak istirahat di sela-sela latihan.

Anda selalu lelah

Olahraga harus membuat Anda merasa bersemangat secara keseluruhan. Jika Anda terus-menerus merasa kelelahan, mungkin Anda terlalu banyak berolahraga. Tambahkan hari pemulihan, dan cobalah latihan yang berbeda seperti yoga, pilates, dan berlari. Pastikan Anda tidak hanya makan cukup, tapi juga tidur yang cukup untuk memungkinkan tubuh Anda menuai manfaat dari semua yang telah Anda lakukan.

olahraga

Tidak ada perubahan yang signifikan

Jika Anda tidak lagi merasa tertantang dengan latihan olahraga atau tidak merasakan perubahan internal atau fisik, latihan Anda mungkin tidak lagi cocok untuk Anda. Tubuh dirancang untuk beradaptasi dan tetap dalam kondisi yang seimbang. Ketika Anda secara konsisten melakukan latihan yang sama dengan kecepatan, ketahanan, atau pola yang sama, tubuh Anda akan berhenti tertantang. Ganti durasi, intensitas, atau bentuk dari setiap latihan, dan tubuh Anda pun akan menanggapi latihan selanjutnya dengan lebih dinamis.

Beberapa Hal Yang Sebenarnya Penting Dilakukan Setelah Berolahraga

Anda kesakitan setelahnya

Rasa sakit adalah tanda peringatan dari tubuh. Itu adalah cara untuk melindungi Anda, dan kemungkinan besar itu berarti ada sesuatu yang salah, dan bisa menyebabkan cedera otot dan sendi menjadi lebih serius. Ketika diperburuk oleh aktivitas fisik Anda, maka segera berhenti sebelum Anda melukai diri sendiri lebih lanjut.

Anda menjadi sering sakit

Bukannya meningkatkan kinerja tubuh, Anda justru menyebabkan kerusakan dan melemahkan kemampuan tubuh untuk mencapai tujuan. Tanda-tandanya termasuk kegelisahan, sulit tidur, kehilangan nafsu makan, mudah marah, dan depresi. Sakit kepala, mual, dan pusing juga adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah dalam latihan Anda. Anda mungkin melakukannya terlalu keras atau terlalu ekstrim. Latihan yang terlalu intens dapat menyebabkan semua gejala ini. Dehidrasi adalah penyebab utama, juga karena tidak cukup makan dan kurang tidur.

Tanpa Anda Sadari, Ini Hal-hal yang Dilakukan Tubuh Setiap Pagi

Anda makan dengan benar dan berolahraga beberapa kali seminggu, sebagian besar karena Anda sedang menjalani gaya hidup sehat, tapi Anda tidak melihat hasil yang Anda harapkan atau  siginfikan, mungkin sudah waktunya untuk melihat lebih dalam apa yang salah. Tidak adanya perubahan tubuh atau perubahan skala, mungkin Anda berurusan dengan penghalang metabolisme.

(Visited 173 times, 1 visits today)