Tidur Siang Banyak Manfaatnya! Jadi, Jangan Takut Dibilang Pemalas Ya…

0
3
dibilang pemalas

Alangkah baiknya kalau Anda menyempatkan waktu untuk tidur siang meski sebentar saja. Tidur Siang Banyak Manfaatnya! Jadi, Jangan Takut Dibilang Pemalas Ya…

Masyarakat Spanyol dan Meksiko memiliki tradisi istirahat selama 15-30 menit atau selama tiga jam setelah makan siang. Mereka akan menutup toko mereka dari pukul dua siang sampai lima sore hanya untuk tidur siang. Saat ini banyak negara lain yang telah menyadari manfaat tidur di siang hari.

Sementara alasan tidur siang mungkin berbeda, manfaatnya cenderung sama. Apa saja manfaat tidur siang bagi kesehatan? Simak ulasannya berikut ini:

1. Tingkatkan perfoma Fisik

Tidur sebentar membuat kita merasa lebih aktif dibandingkan dengan tidur siang yang panjang. Studi telah menemukan korelasi antara tidur siang sebentar dengan kemampuan atletik yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa dianjurkan untuk tidur nyenyak, setidaknya selama 7 jam sehari.

Waspadai, Efek Sering Tidur Larut Saat Akhir Pekan

2. Bantu Kendalikan Stres

Tidak tidur nyenyak bisa membuat Anda merasa lebih mudah tersinggung dan stres. Sebuah studi tahun 2012 oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bukti kalau tidur siang bisa mengurangi hormon stres setelah kurang tidur. Kemudian, para peneliti mengukur dan membandingkan hormon stres dengan orang yang tidak tidur siang namun kurang tidur.

Mereka menemukan salah satu dari tiga hormon stres yang diukur disebut noradrenalin, meningkat sehari setelah kurang tidur. Namun tidak meningkat pada orang dewasa yang tidur siang. Dari penelitian ini, kita tidak dapat menyimpulkan seseorang pulih dari stres pada saat tidur siang, tapi tidur siang sebentar membantu mengendalikan hormon stres.

3. Sehat Bagi Jantung

Sebuah studi oleh University of Athens Medical School dan Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa orang-orang yang tidur siang secara teratur memiliki mortalitas koroner yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Menurut para peneliti tidur siang paling sedikit tiga kali seminggu selama 30 menit.

Ternyata Memeluk Pasangan Saat Tidur, Ampuh Untuk Membuat Tidur Jadi Nyenyak!

Demikian pula, National Institute of Health menganggap bahwa tidur siang berguna untuk menurunkan tekanan stres. Stres tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan peradangan. Inilah sebabnya mengapa dokter menganjurkan meluangkan waktu untuk bersantai saat stres, karena dapat membantu meminimalkan faktor risiko penyakit jantung yang meningkat.

(Visited 44 times, 1 visits today)