4 Tips Membuat CV yang Menarik di Mata Perusahaan!

0
2
membuat CV

Merupakan salah satu tantangan terberat dalam petualangan berburu pekerjaan impian, membuat CV acap kali menjadi beban dan bikin kepala pusing.

Membuat CV yang menarik tidak akan menjamin dirimu diterima bekerja, akan tetapi menjadikan dirimu beberapa langkah lebih dekat ke pekerjaan. Pasalnya, CV yang menarik akan meningkatkan persentase kamu dipanggil untuk wawancara kerja.

Tidak perlu bingung, begini caranya untuk membuat CV ynag menarik di mata perusahaan!

1. Memberikan pernyataan pribadi

Tidak banyak ruang yang tersedia pada sebuah CV untuk menjelaskan panjang lebar tentang diri dan kemampuanmu, oleh karena itu pada bagian pernyataan pribadi bisa kamu manfaatkan untuk memberikan gambaran tentang kepribadian serta informasi lainnya yang relevan dengan pekerjaan yang kamu inginkan.

Jangan menyertakan pernyataan pribadi terlalu panjang, buat sesingkat dan sepadat mungkin, karena para penyeleksi tidak memiliki banyak waktu membaca satu per satu, dan ruang pada CV sangat terbatas.

2. Gunakan angka untuk menggambarkan kemampuan

Jika kamu memiliki beberapa kemampuan terapan maupun kemampuan personal, tidak semua kemampuan tersebut memiliki tingkat kemahiran yang sama. Supaya penyeleksi tidak bingung, gunakan angka yang menunjukan tingkat keahlianmu.

Sebagai contoh, jika kamu bisa berkomunikasi dalam beberapa bahasa asing seperti bahasa inggris, bahasa Belanda, bahasa Mandarin, berikan angka yang menjadi skor penguasaan masing – masing bahasa.

3. Minat

Pada bagian minat, kamu bisa memamerkan berbagai kemampuan yang kamu miliki yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Minat yang disampaikan haruslah relevan dan berpengaruh bagi perkembangan karier profesional kamu di depan.

4. Tunjukan prestasi yang pernah kamu raih

Pengalaman seseorang bukan hanya dinilai dari berapa lama orang tersebut menggeluti suatu bidang, tetapi juga dari seberapa besar prestasi yang pernah diraih.

Jika kamu memiliki prestasi yang relevan dengan pekerjaan, jangan sungkan untuk memamerkannya dalam CV yang kamu buat. Semakin banyak prestasi yang kamu miliki, maka semakin besar pula kemungkinan kamu dipanggil wawancara.

5. Percantik CV dengan desain grafis

Kesalahan umum dari pelamar yang mengirimkan CV adalah membuat CV polos layaknya surat dinas. CV yang seperti ini cenderung membosankan dan tidak ‘menghibur’ mata.

Aplikasikan desain grafis pada layout CV-mu. Kamu bisa menyewa jasa desainer grafis atau menggunakan canva, aplikasi desain grafis berbasis web yang bisa digunakan secara gratis dan mudah.

(Visited 21 times, 1 visits today)