Cara Mudah Atasi Nafsu Makan Berlebih

0
3

Rasa ingin makan semua menu di atas meja itu … waduh!

 

Rasa lapar memang lumrah dirasakan oleh setiap manusia. Pasalnya, rasa tersebut hadir disaat seseorang tengah membutuhkan asupan makanan. Namun, apa jadinya jika nafsu makan Anda tak bisa dikontrol? Ya, bukan tak mungkin Anda akan jadi orang yang gila makan. Berhati-hatilah sebab hal tersebut dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang berujung pada munculnya berbagai penyakit kronis. Untuk mengatasinya, terapkanlah beberapa cara mudah berikut.

 

Alihkan perhatian

Ini merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi nafsu makan yang berlebihan. Saat Anda merasa lapar, cobalah untuk tak memikirkannya terus-menerus. Sebaliknya, alihkanlah perhatian Anda pada hal-hal lain yang tak berhubungan dengan makanan.

 

Banyak protein tanpa lemak

Selama ini, para ahli gizi memperdebatkan soal makanan jenis apa yang lebih mengenyangkan. Apakah yang mengandung lemak atau karbohidrat. Namun setelah melakukan riset, hasilnya pun ditemukan. Makanan yang mengandung protein tanpa lemak terbukti mengalahkan keduanya. Untuk mengatasi nafsu makan berlebih, mereka pun menyarankan untuk melahap lebih banyak protein tanpa lemak.

 

Lahap buah-buahan

Buah seringkali dianggap sebagai teman diet terbaik. Ya, hal tersebut memang benar adanya, sebab melahap buah-buahan cenderung memberikan rasa kenyang lebih lama.  Sebuah penelitian menjelaskan, fruktosa yang terkandung dalam buah bekerja mengisi glikogen hati yang ampuh mengatasi rasa lapar berlebih.

 

Tingkatkan kualitas pernafasan 

Meningkatkan kualitas pernapasan adalah salah satu cara tepat untuk atasi nafsu makan berlebih. Menurut para ahli kesehatan, itu karena kualitas oksigen yang Anda hirup dapat mengontrol rasa lapar sekaligus menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

 

Jangan terapkan diet ketat

Saat menjalankan diet ketat, Anda tentu punya makanan yang dipantang alias tak boleh dikonsumsi. Padahal, hal tersebut sangat tak disarankan oleh ahli kesehataan, sebab bukan tak mungkin Anda akan ‘balas dendam’ dengan melahapnya di jam-jam tertentu yang tak masuk dalam aturan diet ketat. Yang harus Anda lakukan, terapkanlah diet secara wajar dan imbangi dengan olahraga teratur untuk mengontrol nafsu makan berlebih sekaligus dapatkan tubuh sehat.

 

Jadi makanlah dengan santai tapi ngeh!

 

(Visited 66 times, 1 visits today)