Jangan Cukur Janggut Anda!

0
2

Janggut memang bikin perawatan ekstra, tapi apakah benar memang jangan cukur janggut? Kenapa?

 

Ada kabar gembira bagi Anda para pria yang memiliki janggut tebal. Sebuah penelitian terbaru berhasil mengungkap bahwa rambut di sekitaran wajah tersebut punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

 

1  Atasi ruam akibat bercukur

Ruam akibat bercukur merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi pada kita kaum pria. Perlu diketahui, kondisi tersebut menyebabkan gatal karena adanya bakteri yang menginfeksi kulit.

Menurut Dr. Toni Phillips, ruam terjadi akibat bulu janggut yang baru tumbuh, sehingga membentuk benjolan yang tumbuh ke dalam dan meradang. “Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, janggut yang tumbuh dapat mengatasi ruam  tersebut,” ujar direktur klinis dari klinik Destination Skin ini.

 

2  Kurangi risiko alergi

Dr. Gill Hart mengatakan, janggut dan kumis mampu menyaring debu dan serbuk sari yang masuk ke paru-paru melalui hidung. Nah, untuk mengurangi risiko alergi terhadap debu tadi, ahli kesehatan dari YorkTest ini menyarankan agar Anda memelihara rambut di sekitar wajah.

 

3  Turunkan risiko kanker kulit

Sebuah studi yang dilakukan di Australia University of Southern Queensland berhasil menguak manfaat mantap dari janggut. Ya, hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Radiation Protection Dosimetry tersebut menyebutkan, janggut dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit, karena keberadaannya bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari sebesar 90 hingga 95 persen.  

 

4  Perlambat keriput di wajah

Paparan sinar matahari merupakan penyebab utama terjadinya penuaan dan kerusakan kulit, demikian kata Dr. Adam Friedmann, seorang ahli kesehatan kulit. Untuk memperlambat keriput yang terjadi, Dr. Adam menyarankan agar Anda memelihara janggut.

 

Deretan Pria dengan Kumis dan Jenggot Paling Unik Sedunia

 

5  Cegah timbulnya jerawat

Perlu Anda ketahui, jerawat terjadi akibat folikel kecil di sekitar permukaan kulit mengalami penyumbatan, yang pada akhirnya menimbulkan komedo. “Karenanya, peliharalah janggut yang tumbuh di wajah Anda agar kemunculan jerawat dapat dicegah,” jelas Dr, Adam.

 

Oh ya, meski masih diperdebatkan, janggut juga dipercaya mampu dalam mengurangi risiko penyakit asma. Kata Deborah Waddell, penasihat klinis Asma di Inggris, itu karena rambut tersebut sanggup menghentikan debu dan serbuk sari yang masuk melalui hidung.

(Visited 1,497 times, 1 visits today)