Ini 5 Langkah Mudah Untuk Kalian yang Ingin Berhenti Merokok!

0
0
berhenti merokok

Berniat untuk berhenti merokok tapi bingung bagaimana cara untuk memulainya! Ini 5 Langkah Mudah Untuk Kalian yang Ingin Berhenti Merokok!

Jika Anda memutuskan untuk berhenti merokok saat ini, Anda mungkin sudah berada di jalur yang tepat karena berhenti merokok dapat memperbaiki keadaan kesehatan Anda. Namun tidak dipungkiri berhenti merokok merupakan tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang sebelumnya merupakan perokok berat.

Meskipun sulit, berhenti merokok bukanlah suatu hal yang mustahil, ada beberapa cara kok yang bisa Anda lakukan untuk memulainya.

1. Kenali Apa yang Memicu Anda Untuk Merokok

Keadaan seperti apa yang menimbulkan keinginan Anda untuk merokok? Dengan mengetahui kebiasaan apa yang memicu Anda untuk merokok, Anda dapat lebih mudah mengontrol keinginan untuk merokok. Misalnya jika Anda merokok untuk menghilangkan stres, catatlah hal tersebut dan perkirakan bagaimana caranya untuk mengatasi stres Anda tanpa harus merokok.

Hanya Mengingatkan, Rokok Elektrik Itu Lebih Berbahaya!

2. Bikin Target yang Masuk Akal

Rencana untuk berhenti merokok adalah rencana yang bersifat personal, bergantung pada kepribadian Anda. Apakah akan lebih mudah bagi Anda jika Anda langsung berhenti merokok? Atau Anda lebih memilih untuk pelan-pelan mengurangi jumlah rokok yang Anda isap dalam sehari? Jika Anda sudah menemukan rencana yang tepat, Anda harus berpegang pada rencana tersebut.

3. Buat Catatan Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok

Setiap orang memiliki alasan kenapa ingin berhenti merokok. Ingin hidup yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit di masa depan? Melindungi keluarga Anda dari asap rokok? Atau ingin menjadi contoh yang baik bagi anak-anak Anda? Anda bisa membuat catatan alasan-alasan Anda dan letakkan di tempat yang mudah untuk Anda baca di kemudian hari.

4. Mulai Aktif Berolahraga

Mereka yang merokok biasanya kurang aktif secara fisik. Selain kurang bergerak dan kurang berolahraga, mereka yang merokok biasanya memiliki jumlah asupan kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan non perokok. Seluruh aspek ini dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit-penyakit lain di kemudian hari. Selain dapat menjaga tubuh tetap sehat, berolahraga dapat membantu Anda berhenti merokok. Ketika Anda aktif secara fisik, otak Anda akan memproduksi zat-zat penting yang bekerja dalam mengontrol keinginan Anda untuk merokok.

Bukan Hanya Merokok, Berbohong Juga Bisa Ganggu Kesehatan!

5. Kasih Tahu Pada Keluarga dan Teman

Anda dapat meminta dukungan dari keluarga dan teman-teman Anda dalam upaya Anda untuk berhenti merokok. Jika anggota keluarga dan teman-teman Anda mengetahui bahwa Anda sedang mencoba untuk berhenti merokok, mereka dapat mengingatkan Anda jika suatu hari keinginan untuk merokok muncul kembali.

Itulah 5 langkah mudah buat kalian yang ingin berhenti merokok…

 

Feature Image: annepenman.com

Inside Image: karenseinor.com

(Visited 199 times, 1 visits today)