Kurangi Tingkat Kecelakaan, Jangan Operasikan Ponsel Saat Berkendara!

0
5
jangan operasikan ponsel

Penggunaan Hp saat berkendara dapat mengganggu konsentrasi pengendara. Kurangi Tingkat Kecelakaan, Jangan Operasikan Ponsel Saat Berkendara!

Pengendara yang mengoperasikan handphone saat berkendara atau mengemudi, beresiko mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat membuat pengendara ataupun orang lain mengalami cedera baik ringan maupun berat ataupun mengalami kematian.

Dalam Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada Pasal 283 menyebutkan: “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).”

Sementara pada Pasal 106 ayat (1) Undang-Undang No.22 Tahun 2009 sendiri berisi: “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.”

Untuk mengurangi Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan akibat penggunaan handphone, berikut beberapa Tips agar pengendara tidak menggunakan ponsel saat berkendara.

1. Gunakan Mode Senyap

Mengubah settingan bunyi pada handphone anda menjadi mode senyap atau matikan Hp saat berkendara sangat membantu Anda dalam menjaga konsentrasi selama berkendara. Semakin sedikit Anda mendengar bunyi ponasel Anda, semakin sedikit Anda akan tergoda untuk merespon saat sedang berkendara.

Kampanye Aman Berkendara, Model-Model Seksi Ini Telanjang Dada!

2. Jauhkan Hp dari Pandangan dan Jangkauan

Menjauhkan ponsel dari pandangan dan jangkauan diri dimana Anda tidak bisa mendaptkannya saat berkendara, membuat anda agar tetap Fokus dan Bekonsetrasi. Hal ini disebabkan Anda tidak akan merasa tergoda untuk menggunakan Hanphone, seperti melakukan panggilan, menerima Telepon, mengetik SMS, Bahkan meng-update pesan pada media sosial.

3. Kirim Pesan Sebelum Berkendara

Menyampaikan pesan bahwa Anda akan berkendara kepada orang lain sebelumnya, membuat orang lain mengetahui bahwa Anda sedang melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi lebih. Bagi sebagian pemilik smartphone, dapat juga membuat status atau pesan berupa simbol-simbol ataupun kalimat yang menyampaikan bahwa Anda sedang berkendara.

4. Meminta Bantuan Pada Penumpang

Meminta bantuan kepada Penumpang adalah cara alternatif dalam menggunakan ponsel saat berkendara apabila dirasa benar-benar mendesak. Mintalah kepada teman, kekasih atau keluarga yang menjadi penumpang Anda selama berkendara untuk melakukan, menjawab panggilan atau mengetik, membalas SMS sesuai arahan yang Anda berikan.

Rifat Sungkar Ajak Masyarakat Berkendara Aman

5. Behenti di Tempat yang Aman

Jika Anda merasa perlu untuk menerima, melakukan panggilan atau mengirim, membaca pesan, sebaiknya cari tempat yang aman untuk Anda berhenti sebelum menggunakan handphone. Pastikan posisi berhenti kendaraan Anda tidak mengganggu jalannya arus lalu lintas.

If you want to survive, don’t text and drive, Just because you have a smart phone it doesn’t mean it’s smart to text and drive.

(Visited 68 times, 1 visits today)